Kupang dan Aceh jadi lokasi latihan SAR nasional

id lokasi latihan sar nasional

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Klas A Kupang, Nusa Tenggara Timur, Emi Friezer (tengah). (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

"Kementerian Polhukam telah menunjuk Kupang yang akan menjadi lokasi gladi nasional SAR dalam menanggulangi pengungsi luar negeri yang mengalami musibah di perairan setempat," kata Emi Freizer.
Kupang (ANTARA) - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Klas A Kupang, Nusa Tenggara Timur, Emi Friezer mengatakan Kupang dan Aceh telah ditetapkan sebagai lokasi pusat latihan nasional untuk penanganan penyelamatan pengungsi dari luar negeri di perairan Indonesia.

"Kementerian Polhukam telah menunjuk Kupang yang akan menjadi lokasi gladi nasional SAR dalam menanggulangi pengungsi luar negeri yang mengalami musibah di perairan setempat," kata Emi Freizer kepada ANTARA di Kupang, Kamis (1/8).

Hal itu dikatakan Emi Friezer terkait dilaksanaknya simulasi pencarian dan penyelamatan bagi penanganan pengungsi dari Luar Negeri yang dilaksanakan Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kupang yang telah berlangsung di perairan Teluk Kupang pada Rabu (31/7).

"Latihan simulasi yang berlangsung di Teluk Kupang itu sebagai langkah awal dilakukan Basarnas Kupang dalam menghadapi kegiatan gladi nasional penangulangan kecelakaan pengungsi dari luar negeri di perairan," tegas Emi Friezer.

Ia mengatakan, latihan nasional penanganan pengungsi dari luar negeri di Nusa Tenggara Timur akan berlangsung pada Maret 2020 berlokasi di perairan Teluk Kupang.

Menurut dia, ada dua daerah yang menjadi target kegiatan gladi nasional upaya penangulangan pengungsi dari luar negeri yaitu Kupang dan Aceh. Gladi nasional penangulangan kecelakaan pengungsi dari luar negeri berlangsung di Aceh pada Oktober 2019.

Dikatakannya, kegiatan gladi nasional penangulangan kecelakaan pengungsi dari luar negeri sebagai tindak kanjut dari Undang-Undang Nomor 125 tahun 2016 tentang penanganan pengungsi dari luar negeri serta peraturan Kepala Badan SAR Nasional nomor 9 tahun 2018 tentang penanganan pengungsi yang mengalami kecelakaan di perairan Indonesia.

Baca juga: Basarnas Maumere gelar pelatihan potensi SAR di permukaan air
Baca juga: Basarnas kirim KN Antareja ke lokasi tenggelamnya KM Nusa Kenari
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar