Luhut pastikan Pulau Komodo tidak ditutup

id pulau komodo

Luhut pastikan Pulau Komodo tidak ditutup

Suasana rapat koordinasi Pengelolaan Taman Nasional Komodo dipimpin oleh Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (30/9/2019). (ANTARA FOTO/HO-Kemenko Kemaritiman)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Pulau Komodo di Manggarai Barat, NTT tidak akan ditutup melainkan akan ditata dengan pembatasan jumlah wisatawan.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Pulau Komodo di Manggarai Barat, NTT tidak akan ditutup melainkan akan ditata dengan pembatasan jumlah wisatawan.

"Jadi Pulau Komodo ini tidak ditutup, kita lakukan penataan bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta pihak terkait, dibuat aturan adanya pembatasan jumlah wisatawan ke Pulau Komodo dengan diadakanannya tiket kapasitas kunjungan/ wisatawan," kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, (1/10).

Keputusan tersebut merupakan hasil rapat koordinasi Pengelolaan Taman Nasional Komodo bersama dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (30/9).

Baca juga: Artikel - Komodo dan nasib para penghuni Pulau Komodo
Baca juga: Wacana penutupan TN Komodo buat wisatawan bingung
Seorang petugas mengawasi seekor Komodo (Varanus Komodoensis) yang sedang berjemur di pesisir pantai Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT Minggu (22/9/2019). Populasi hewan purba raksasa di Pulau Komodo saat ini mencapai 1.500 ekor. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/ama).
Luhut menjelaskan pengaturan tiket akan dilakukan dengan sistem kartu anggota (membership) tahunan yang bersifat premium.

Untuk kartu anggota premium akan diarahkan ke Pulau Komodo langsung di mana komodo-komodo besar ada di sana. Sedangkan yang tidak memiliki kartu premium akan diarahkan ke lokasi lain yang ada hewan Komodo juga.

"Nanti mereka (non-premium) akan diarahkan ke komodo yang kecil seperti di Pulau Rinca. Jadi mereka hanya bisa di sana, tidak bisa ke mana-mana lagi," katanya.

Mengenai pengelolaan Pulau Komodo, Deputi Bidang Infrastruktur Kemenko Maritim Ridwan Djamaluddin yang juga mengikuti rapat menambahkan nantinya juga akan dibangun Pusat Riset Komodo di Pulau Komodo.

Baca juga: Warga Desa Komodo tolak penutupan Pulau Komodo
Baca juga: Pulau Komodo akhirnya batal ditutup
Baca juga: Pulau Komodo tetap ditutup


Selain itu, pemerintah juga akan melakukan penataan kapal pesiar ke Pulau Komodo dan Labuan Bajo. Penataan meliputi rute, logistik hingga penanganan sampah.

"Kita juga harus membangun sarana dan prasarana wisata alam berstandar Internasional dan membangun sarana prasarana pendukung yang memadai di luar kawasan Pulau Komodo ini," pungkas Ridwan.
Suku Komodo di Pulau Komodo, Manggarai Barat, NTT. (ANTARA Foto/dokumentrasi)