Pola penguatan karakter bangsa perlu disesuaikan

id karakter bangsa pendidikan

Pola penguatan karakter bangsa perlu disesuaikan

Prof Dr Alo Liliweri MSi. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

Guru besar dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Prof. Dr. Alo Liliweri, MSi mengatakan pola penguatan karakter bagi masyarakat bangsa ini, perlu disesuaikan dengan perkembangan zaman.
Kupang (ANTARA) - Guru besar dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Prof. Dr. Alo Liliweri, MSi mengatakan pola penguatan karakter bagi masyarakat bangsa ini, perlu disesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Penyesuaikan ini penting, mengingat setiap era atau zaman dengan jenis tuntutannya sendiri-sendiri," kata Alo Liliweri kepada ANTARA di Kupang, Selasa (1/10).

"Masyarakat di setiap era punya jenis tuntutan sendiri, sehingga pendidikan dan penguatan karakter bagi masyarakat bangsa ini perlu terus menerus digalakkan, dengan pola-pola yang disesuaikan dengan perkembangan," katanya.

Baca juga: Karakter bangsa Indonesia tak boleh lepas dari Pancasila

Dia mencotohkan demonstrasi sekarang ini mulai melibatkan anak-anak siswa-siswa Sekolah Teknik Menengah (STM) dan siswa lainnya. "Jadi ini bisa disebut sebagai demonstrasi anak-anak generasi milenial," kata Alo Liliweri.

Menurut dia, kondisi yang tampak hari ini, akan ikut membentuk karakter anak-anak generasi penerus bangsa ini.

Karena itu, pendidikan karakter menjadi hal yang sangat penting dan mendasar, dengan tentu memperhatikan setiap perkembangan yang terjadi ditengah masyarakat, katanya menambahkan.

Jika persoalan karakter masyarakat bangsa ini tidak mendapat perhatian serius, maka persoalan kebangsaan akan terus melilit bangsa ini.
 
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar