Berapa total investasi Tiongkok di Indonesia saat ini

id China

Berapa total investasi Tiongkok di Indonesia saat ini

Konsul Konsulat Jenderal RRT di Bali, Gou Haodong memberikan sambutan pada forum investasi tiga provinsi di Kupang, Sabtu, (16/11/2019). (ANTARA/Bernadus Tokan)

Konjen Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Denpasar, Bali, Gou Haodong mengatakan investasi negeri Tirai Bambu di Indonesia sepanjang Januari-Juni 2019 telah mencapai 2,3 miliar dolar AS.
Kupang (ANTARA) - Konjen Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Denpasar, Bali, Gou Haodong mengatakan investasi negeri Tirai Bambu di Indonesia sepanjang Januari-Juni 2019 telah mencapai 2,3 miliar dolar AS.

"Dalam tahun ini, kerja sama Tiongkok-Indonesia membawa hasil yang sangat signifikan di bidang investasi. Dalam bulan Januari-Juni 2019, misalnya, investasi Tiongkok di Indonesia sudah mencapai 2,3 miliar dolar AS atau 16,2 persen dari total investasi asing di Indonesia," kata Gou Haodong kepada ANTARA di Kupang, Sabtu (16/11).

Dia mengemukakan hal itu, pada pembukaan Forum Investasi tiga wilayah Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yakni Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali ke-4 di Kupang.

Menurut dia, total investasi Tiongkok di Indonesia ini telah menempatkan negeri Tirai Bambu itu berada pada peringkat ketiga total investasi asing di Indonesia.

"Tahun ini, Presiden Joko Widodo terpilih kembali, dan boleh dikatakan hubungan Tiongkok-Indonesia sedang berada di titik sejarah yang terbaik, untuk kedua pihak ketika kita meningkatkan kerja sama dan investasi," katanya.
Puluhan pengusaha NTT, Bali dan NTB menghadiri forum investasi yang digelar Konsulat Jenderal di Denpasar di Kupang, Sabtu, (16/11/2019). (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)
Dia menambahkan, dalam beberapa tahun terakhir ini, hubungan bilateral Tiongkok-Indonesia terus berkembang dan mengalami kemajuan yang cukup menggembirakan.

"Kerja sama yang saling menguntungkan juga terus mendalam. Kedua negara kita terus memperdalam sinergi inisiatif Jalur Sutra Maritim Abad 21 Tiongkok dan Konsep Poros Maritim Dunia Indonesia," katanya.

Hubungan ini telah meningkatkan investasi bilateral, memperluas kerja sama yang komprehensif di bidang infrastruktur, pertanian, perdagangan, bisnis e-commerce, keuangan, energi dan lainnya, katanya menambahkan.

Forum investasi yang melibatkan 20 investor asal Tiongkok itu dihadiri puluhan pengusaha dari tiga provinsi wilayah Konsulat Jenderal RRT di Denpasar, Bali yakni NTT, Bali dan NTB.