Tahun 2020, PLN NTT janji semua desa di Amfoang sudah berlistrik

id Listrik di wilayah Amfoang

Tahun 2020, PLN NTT janji semua desa di Amfoang sudah berlistrik

Supervisor Teknik Jaringan Sub Rayon Naikliu, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Hengky Funay (ANTARA FOTO/Aloysius Lewokeda)

"Semua desa di wilayah Amfoang yang menyebar di enam kecamatan kami targetkan berlistrik pada 2020 mendatang," kata Hengky Funay.
Kupang (ANTARA) - Supervisor Teknik Jaringan Sub Rayon Naikliu, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur Hengky Funay mengemukakan semua desa di wilayah Amfoang yang berbatasan dengan Distrik Oecusse, Timor Leste ditargetkan akan berlistrik pada 2020.

"Semua desa di wilayah Amfoang yang menyebar di enam kecamatan kami targetkan berlistrik pada 2020 mendatang," katanya ketika dihubungi ANTARA dari Kupang, Senin (9/10), terkait pembangunan kelistrikan di wilayah Amfoang, Kabupaten Kupang, yang berbatasan dengan Distrik Oecusse, Timor Leste.

Dia menjelaskan, kondisi listrik yang sudah beroperasi di wilayah Amfoang saat ini di antaranya Desa Soliu, Oelfatu, Saukibe, Timau, di Kecamatan Amfoang Barat Laut dengan jumlah pelanggan yang sudah menyalah sekitar 200an rumah tangga.

Baca juga: Jaringan listrik untuk 8 desa di Amfoang siap dioperasikan
Baca juga: 258 desa di NTT sudah menikmati listrik dari PLN


Selain itu, lebih dari 100 pelanggan sudah menyalah yang menyebar di Desa Bioba Baru dan Manubelon di Kecamatan Amfoang Barat Daya,150 pelanggan di Desa Lilmus dan Bakuin di Kecamatan Amfoang Utara, dan 80 pelanggan di Desa Nunuana Kecamatan Amfoang Timur.

Dia menjelaskan, di Kecamatan Amfoang Selatan terdapat Desa Fatumetan yang sudah beroperasi untuk 80 pelanggan, sementara Desa Fatusuki di kecamatan ini tersebut masih dalam proses pengerjaan jaringan di lapangan.

"Rencana kami dalam bulan ini kami operasikan listrik untuk Deas Fatumonas, Bonmuti, Bimanus, Bitobe, di Kecamatan Amfoang Selatan," katanya.

Hengky Funay mengatakan, beberapa di antaranya belum dikerjakan karena masih dalam proses pelaksanaan tender di antaranya Desa Haonuk dan Faumes di Kecamatan Amfoang Barat Laut serta Desa Letkole dan Nefoneut di Kecamatan Amfoang Barat Daya.

"Setelah tender selesai kami akan sosialisai ke mesyarakat untuk terkait pengerjaannya sehingga target kami listrik di Amfoang bisa tuntas di 2020 nanti," katanya.

Baca juga: Pembangunan listrik desa di NTT bertambah
Baca juga: PLN NTT terangi 16 desa di perbatasan