Pulau Flores Miliki Potensi Panas Bumi

id EBT Sumba, energi terbarukan

Pulau Flores Miliki Potensi Panas Bumi

Hivos (Hivos)

Kupang,(ANTARA NTT) - Perusahaan pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) "Hivos" (Humanis Institute for Cooperation with Developing Countries) menyatakan bahwa pulau Flores memiliki potensi panas bumi (geothermal) yang dapat dikembangkan untuk potensi EBT.

"Tahun 2015 lalu, kita sudah studi di pulau Flores untuk mencari tahu pengembangan EBT, dan pulau Flores kami nilai memiliki potensi panas bumi yang dapat dikembangkan menjadi EBT," kata Manajer Proyek Energi Hijau Hivos Sandra Winarsa saat dihubungi dari Kupang, Senin (14/11).

Hivos merupakan, sebuah lembaga pembangunan internasional yang mengupayakan solusi baru isu-isu global. Kegiatan lembaga ini sendiri mengembangkan 100 persen energi terbarukan yang berkelanjutan. Di Indonesia sendiri Hivos berada di bawah naungan dari Kementerian Sosial.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan potensi pembangkit energi terbarukan yang sedang dipantau oleh oleh LSM asal Belanda tersebut dalam rangka mensukseskan Program Indonesia Terang (PIT).

Ia mengatakan studi yang dilakukan di pulau Flores tersebut adalah dalam rangka mereplikasi Sumba sebagai "Sumba Iconic Island".

"Selain potensi panas bumi, Pulau Flores juga mempunyai potensi pengembangan EBT dari arus laut serta panas matahari yang dapat membantu masalah kelistrikan di daerah itu," tambahnya.

Sandra mengatakan, keberadaan Hivos di NTT, sendiri adalah bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam mensukseskan program Indonesia Terang.

Disamping melakukan studi di pulau Flores untuk mereplikasi pulau Sumba, pihaknya juga melakukan studi di Alor dan Rote Ndao.

Dari hasil studi tersebut, diketahui bahwa pulau Alor dan Rote Ndao memiliki potensi EBT seperti tenaga matahari. Dan yang paling besar adalah arus laut yang ada di sekitar perairan Rote Ndao.

Saat ini di Sumba sendiri EBT yang dikembangkan oleh Hivos sudah ada empat, yakni, potensi pembangkit listrik dari bendungan, Potensi pembangkit listrik dari Angib, Potensi pembangkit listrik bertenaga surya, serta pembangkit listrik bertenaga air.
Pewarta :
Editor: Imansyah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar