NasDem punya peluang besar unggul dalam Pilkada serentak di NTT

id nasdem

NasDem punya peluang besar unggul dalam Pilkada serentak di NTT

Pengamat politik Dr Ahmad Atang MSi. (ANTARA/Bernadus Tokan)

"Berdasarkan hasil analisa, saya memprediksi, Partai NasDem akan meraih 70 persen kemenangan pada Pilkada serentak di sembilan kabupaten di NTT dalam tahun ini," kata Ahmad Atang..
Kupang (ANTARA) - Pengamat politik dari Universitas Muhammadyah Kupang Dr Ahmad Atang, MSi memprediksi, Partai NasDem lebih berpeluang memenangkan pilkada serentak 2020, yang akan digelar di sembilan kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Berdasarkan hasil analisa, saya memprediksi, Partai NasDem akan meraih 70 persen kemenangan pada Pilkada serentak di sembilan kabupaten di NTT dalam tahun ini," kata Ahmad Atang kepada Antara di Kupang, Selasa (21/1).

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan partai politik yang paling berpeluang memenangkan pilkada serentak 2020 di provinsi berbasis kepulauan itu.

Prediksi ini didasari fakta bahwa NasDem sebagai peserta pemilu 2019, telah mendapatkan dukungan publik yang relatif merata di seluruh kabupaten/kota di provinsi berbasis kepulauan itu.

Fakta ini menggambarkan bahwa, konsolidasi politik Partai NasDem berjalan secara efektif, dan infrastruktur politik bekerja dinamis untuk meloloskan kader-kader Partai NasDem untuk duduk di legislatif pada level kabupaten/kota, provinsi maupun pusat.
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Raymundus Sau Fernandes. (ANTARA FOTO/Aloysius Lewokeda)
Selain itu, dalam konteks pemerintahan lokal, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat merupakan kader NasDem sehingga akan menciptakan atmosfir moral politik yang kuat bagi tumbuh dan berkembangnya partai itu dalam setiap momentum politik termasuk dalam hal pilkada.

Artinya, dalam menghadapi pilkada serentak mendatang, Partai NasDem sangat siap, baik sebagai partai pengusung maupun sebagai pendukung, kata mantan Pembantu Rektor I UMK itu.

Apalagi, NasDem sangat fleksibilitas dalam menentukan sikap politik terkait penetapan arah dukungan, karena tidak semua figur yang didukung adalah kader murni Partai NasDem.

Kondisi ini dapat difahami karena dinamika lokal cenderung mengedepankan figur ketimbang partai, katanya menambahkan. 
Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur Periode 2019-2024 dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), Christian Mboeik mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji pada Selasa (3/9/2019). (ANTARA FOTO/Aloysius Lewokeda)
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar