Turnamen Aqua Danone seri provinsi digelar 27-28 Juni

id Aqua Danone, provinsinta,NTT

Turnamen Aqua Danone seri provinsi digelar 27-28 Juni

Koordinator Aqua DNC NTT, Sipri Seko (Antara)

"Kita memang patut bersyukur karena NTT bisa sendiri untuk turnamen yang oleh banyak orang bisa disebut sebagai piala dunia mini. Daerah lain gabung dua sampai empat provinsi untuk ikut kualifikasi. Untuk itu, kita semua mesti menyukseskan event ini,
Kupang (ANTARA) - Maestro Sport menunjuk lapangan sepak Bola Academy Bintang Timur Atambua (BTA) Nusa Tenggara Timur sebagai lokasi kualifikasi turnamen sepakbola U-12, Aqua Danone Nation Cup (DNC) 2020 tingkat provinsi pada 27-28 Juni mendatang.

"Memang benar. Lapangan akademi BTA ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan turnamen Aqua Danone 2020, dan NTT sudah siap untuk menggelarnya," kata Koordinator Aqua DNC NTT, Sipri Seko di di Kupang, Minggu, (9/2).

Ia menjelaskan bahwa penunjukkan NTT sebagai penyelenggara kualifikasi ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya sempat ditunjuk NTT sebagai tuan rumah sendiri.

Sipri mengatakan bahwa sebelumnya NTT harusnya bergabung di Bali bersama NTB untuk mengelar kualifikasi. Hal itu membuat klub yang membawa pemainnya harus mengeluarkan biaya yang banyak.
Baca juga: Bisakah sepak bola NTT lolos ke PON Papua tahun depan?

Namun berkat perjuangan dan lobi di pusat, NTT akhir bisa mempunyai lokasi sendiri atau berdiri sendiri sehingga tak perlu ke NTB atau ke Bali. Menurut Sipri hal itu menjadi tantangan bagi dirinya dan rekan-rekannya untuk bisa menggelar kejuaraan dengan baik dan sukses.

Dikatakannya, sesuai penetapan dari Maestro Sport, wilayah NTT dibagi menjadi dua zona, yakni Atambua dan Kota Kupang. Wilayah Atambua, jelasnya, meliputi Kabupaten Belu, Malaka, TTU dan Alor. Sementara wilayah Kota Kupang meliputi, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS, Rote Ndao, Sabu Raijua, Lembata, seluruh Flores dan seluruh Sumba.

Baca juga: Ricky Nelson tetap jadi pelatih sepak bola NTT
"NTT dibagi dalam dua zona. Jadi nanti saat pendaftaran secara online dibuka, tim peserta di wilayah atau kabupaten yang sudah ditetapkan ini tinggal memilih zonanya. Karena wilayah NTT sangat luas dan terdiri dari pulau-pulau, maka untuk teknis prakualifikasi akan diatur tersendiri. Misalnya di Flores kita gelar di dua atau tiga titik, di Sumba, Alor, Rote Ndao dan Sabu Raijua," jelasnya.

Untuk prakualifikasi di tingkat kabupaten/kota, jelasnya, akan digelar pada 12-14 Juni. Untuk Zona Kota Kupang, jelasnya, diberi kuota peserta maksimal 100 klub sedangkan Zona Atambua sebanyak 50 klub. Dia menyebut beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi oleh klub peserta, yakni soal usia pemain, yakni kelahiran 2008 dan 2009. Di luar itu, tegasnya, tidak diakomodir dalam pertandingan.
Baca juga: Klub sepak bola BTA akhirnya terbang ke Darwin

"Waktu persiapan kita masih panjang. Untuk itu kita harapkan klub yang mau ikut bisa segera mempersiapkan diri dengan baik, bukan hanya soal pemain tetapi pendanaan. Soalnya, akan digelar di Atambua sehingga membutuhkan anggaran yang besar seperti transportasi, konsumsi, penginapan dan lainnya," tegasnya.

Untuk diketahui, kualifikasi Aqua DNC di NTT tahun ini adalah yang ketiga kalinya. Sebelumnya NTT bergabung dengan Bali dan NTB untuk mengikuti kualifikasi di Denpasar. Dengan penetapan sebagai wilayah sendiri, maka juara dari NTT langsung bermain di final nasional di Jakarta.

"Jadi kita memang patut bersyukur karena NTT bisa sendiri untuk turnamen yang oleh banyak orang bisa disebut sebagai piala dunia mini. Daerah lain gabung dua sampai empat provinsi untuk ikut kualifikasi. Untuk itu, kita semua mesti menyukseskan event ini," tegasnya. 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar