Timor Tengah Utara tutup perbatasan dengan Oecusse

id Wini

Timor Tengah Utara tutup perbatasan dengan Oecusse

Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Sau Fernandez. (Foto istimewa)

Selain menutup perbatasan,antarnegara, pemerintah juga menutup tempat-tempat rekreasi yang menjadi pusat berkumpulnya orang dalam jumlah banyak,," kata Raymundus Sau Fernandez..
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), telah menutup sementara perbatasan antar negara dengan Oecusse, wilayah kantung (enclave) Timor Leste unuk mencegah penyeberan virus corona (COVID-19).

Selain menutup perbatasan,antarnegara, pemerintah juga menutup tempat-tempat rekreasi yang menjadi pusat berkumpulnya orang dalam jumlah banyak,," kata Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandez kepada Antara Rabu (25/3)

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan langkah pemerintah di wilayah yang berbatasan darat dengan Oecusse, wilayah enclave Negara Timor Leste itu, dalamupaya mencegah penyebaran virus Corona baru (COVID-19) di daerah itu.
Warga melintasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu RI-Timor Leste di Wini, NTT, Jumat (17/5/2019). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
"Pemerintah telah mengambil kebijakan untuk sementara menutup Pos Lintas Batas Negara (PLBN) antara Indonesia dan Oecusse di Wini dan Napan unyuk membatasi lalu lintas orang dan barang, baik dari dan ke Indonesia," katanya.

Kebijakan ini telah diambil sejak sepekan terakhir sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah dalam melindungi warganya yang bermukim di wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga, kata Fernandez.

Tim gerak cepat
Dia menambahkan, Pemerintah TTU juga telah membantu tim gerak cepat (TGC) penanganan COVID-19 melalui sinergi antar perangkat daerah, lembaga vertikal dan pemangku kepentingan.

Tim ini bertugas melakukan pencegahan terhadap eskalasi penyebaran COVID-19, dan meningkatkan ketahanan daerah di bidang kesehatan.

Meningkatkan kesiapan dan kemampuan dalam melakukan pencegahan, mendeteksi, menangani dan menanggulangi penyebaran COVID-19 di wilayah itu.*
Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan wilayah kantung (enclave) Timor Leste, Oecusse. (ANTARA Foto/Laurensius Molan) (ANTARA Foto)
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar