Indonesia segera miliki PCR test kit COVID-19 bertransmisi lokal

id Bambang brodjonegoro, covid-19, pcr test kit,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid,corona,rapid test

Indonesia segera miliki PCR test kit COVID-19 bertransmisi lokal

Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro (tengah) memberikan keterangan di kantor Graha BNPB Jakarta, Senin (6/4/2020). ANTARA/HO-Humas BNPB

Tidak lama lagi kita akan punya PCR Test Kit yang basisnya adalah virus yang merupakan local transmission atau virus COVID-19 yang terjadi di Indonesia.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan dalam waktu dekat Indonesia akan memiliki PCR (Polymerase Chain Reaction) Test Kit yang berbasis transmisi lokal.

"Tidak lama lagi kita akan punya PCR Test Kit yang basisnya adalah virus yang merupakan local transmission atau virus COVID-19 yang terjadi di Indonesia," kata Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers melalui video di Jakarta, Rabu, (15/4).

Dia mengatakan pada dasarnya tes COVID-19 dilakukan melalui dua cara yakni berbasis PCR dan rapid test.

Baca juga: Ahli hukum sepakat dengan penetapan COVID-19 sebagai bencana nasional

Untuk rapid test dalam enam pekan ke depan akan selesai produksi 100.000 unit yang dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Universitas Gajah Mada.

Sedangkan PCR Test Kit berbasis transmisi lokal merupakan hasil kerja sama BPPT dengan sejumlah perusahaan.

Rencananya untuk PCR Test Kit tersebut akan dilakukan pengujian di BPPOM dan Kementerian Kesehatan sebelum diproduksi, katanya.

Baca juga: Sampel swab enam warga Sikka dikirim ke Surabaya

Dengan adanya PCR Test Kit berbasis lokal transmisi, diharapkan meningkatkan akurasi pengujian COVID-19.