Umat Islam - Kristen Bersalaman Usai Ibadah

id Salat

Umat Islam - Kristen Bersalaman Usai Ibadah

Seorang bapak bersama anak-anaknya berjalan pulang usai mengikuti ibadah Salat Id di lapangan asrama TNI-AD di Kupang , NTT Minggu (25/6). (Foto Antara/Kornelis Kaha)

"Kita harus bersyukur karena momentum perayaan hari lebaran tahun 2017 berlangsung pada hari Minggu, momentum ini diharapkan bisa memperkokoh rasa toleransi antar umat beragama di Indonesia,"


Kupang, (AntaraNTT) - Umat Muslim di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur yang baru selesai menuaikan ibadah salat Idul Fitri 1438 Hijriah di lapangan TNI AL, Kupang terlihat bersalam-salaman dengan umat Kristen yang pulang dari ibadat Minggu di gereja.


Seperti disaksikan Antara di Namosain, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Minggu, umat Muslim usai melaksanakan salat Id di lapangan TNI AL, Osmok, berpapasan dengan umat Kristen yang usai mengikuti ibadat Minggu di sejumlah gereja di daerah itu.


Umat dari agama yang berbeda itu secara spontan saling berjabatan tangan dan umat Kristen secara spontan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri kepada umat Islam yang disalaminnya.


Sebaliknya sejumlah umat Islam, sambil berjabatan tangan juga menyampaikan ucapan selamat hari Minggu kepada sejumlah umat Kristen yang mereka jumpai.


Muhamad Jafar warga Alak, Kota Kupang ketika ditemui di Osmok mengaku senang merayakan hari raya Idul Fitri tahun 2017, karena perayaan hari besar keagamaan bagi umat Islam ini berlangsung pada hari yang sama dengan hari Miinggu yang bagi umat Kriten di seluruh dunia merupakan hari untuk beribadah.


"Kita harus bersyukur karena momentum perayaan hari lebaran tahun 2017 berlangsung pada hari Minggu, momentum ini diharapkan bisa memperkokoh rasa toleransi antar umat beragama di Indonesia," kata Jafar.


Ia berharap toleransi dalam kehidupan beragama di Indonesia tetap terpelihara dengan baik dalam bingkai Negara Kesatuan RI seperti dilakukan warga NTT.


Menurut Jafar, sebagai umat Islam merasa bersyukur karena selama sebulan melaksanakan ibadah puasa dapat berjalan dengan aman serta mendapat dukungan warga di provinsi kepulauan ini.