92 pasien COVID-19 di NTT dinyatakan sembuh

id ntt,kupang,covid

92 pasien COVID-19 di NTT dinyatakan sembuh

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere. ANTARA/ Benny Jahang

Sampai saat ini sudah ada 92 orang pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh. Jumlah kesembuhan pasien COVID-19 di NTT terus bertambah
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere mengatakan sudah 92 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 telah dinyatakan sembuh setelah melakukan perawatan medis di daerah itu.

"Sampai saat ini sudah ada 92 orang pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh. Jumlah kesembuhan pasien COVID-19 di NTT terus bertambah," kata Dominikus Minggu Mere kepada wartawan di Kupang, Senin, (6/7).

Baca juga: Jubir sebut pasien sembuh COVID-19 jadi 29.919 orang dari 64.958 kasus

Dominikus mengatakan hal itu terkait upaya percepatan penanganan pasien COVID-19 di NTT.

Dia mengatakan, pasien positif COVID-19 di NTT hingga saat ini tercatat 121 orang dan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 92 orang.

Sementara pasien positif COVID-19 yang sedang dalam perawatan medis tersisa 28 orang dan meninggal satu orang.

Ia mengatakan, pemerintah Provinsi NTT terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan penyebaran COVID-19 di NTT kendatipun telah masuk dalam masa normal baru sehingga penyebaran kasus COVID-19 dapat dikendalikan.

Menurut dia, upaya dilakukan pemerintah NTT dalam mengendalikan kasus COVID-19 melalui monitoring, deteksi dini dan pencegahan serta pemantauan terhadap pelaku perjalanan di bandara udara dan pelabuhan laut.

"Kami terus melakukan kordinasi dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kupang dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19, apabila ditemukan pelaku perjalanan yang terindikasi terpapar COVID-19 segera dikirim ke rumah sakit penyanga yang telah disiapkan pemerintah NTT untuk menangani pasien COVID-19," tegasnya.

Baca juga: Dokter positif COVID-19, Pemkot Kupang tutup puskesmas

Baca juga: Displin kunci kesembuhan pasien COVID-19 di Kabupaten Sikka


Menurut dia, saat ini di NTT memiliki dua tempat pemeriksaan sample swab pasien COVID-19 yang telah beroperasi yaitu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang dan RSUD TC Hilers di Pulau Flores yang menggunakan fasilitas Tes Cepat Molekuler (TCM) sehingga proses pemeriksaan sample swab pasien positif COVID-19 di daerah itu cepat diketahui hasilnya.