Sepak bola - Pelatih Timnas Pelajar ditunjuk jadi Direktur Teknik Akademi BeTA

id Maman, NTT, Kota Kupang, bintang timur,sepak bola

Sepak bola - Pelatih Timnas Pelajar ditunjuk jadi Direktur Teknik Akademi BeTA

Pendiri Akademi Bintang Timur Atambua Fary Djemi Francis (kiri) berpose bersama pelatih Maman Suryaman. Antara/HO-BeTA

Coach Maman bukan orang baru bagi saya. Kami sudah lama saling kerja sama, sehingga saya sangat tahu kualitasnya
Kupang (ANTARA) - Pelatih Timnas Pelajar Kemenpora U-16 Maman Suryaman ditunjuk menjadi Direktur Teknik Akademi Bintang Timur Atambua (BeTA) dalam menghadapi tiga ajang yang akan digelar oleh Asprov PSSI NTT, yakni Soeratin Cup U-15, Soeratin Cup U-17 dan El Tari Memorial Cup 2021. 

Pendiri Akademi BeTA Fary Djemi Francis mengatakan penunjukan mantan bintang sepak bola nasional itu dilakukan mengingat Maman memiliki kemampuan dan kualitas untuk membawa Bintang Timur ke level nasional.

"Nantinya, 'coach' Maman akan membawahi semua pelatih, mulai dari pelatih kepala dan asistennya," kata Fary saat dihubungi dari Kupang, Rabu, (31/3).

Selain itu, ia juga mengaku sudah mengetahui kemampuan Maman dalam melatih para pemain, sehingga tak ragu menunjuk pelatih Timnas Pelajar Kemenpora U-16 tersebut. 

Fary dan Maman pernah tergabung dalam satu tim di Timnas Pelajar Kemenpora U-16. Waktu itu, Maman sebagai pelatih kepala dan Fary Francis sebagai manager dalam tiga ajang, yakni satu turnamen Borneo Cup di Malaysa dan dua turnamen Gothia Cup di Cina. Dalam ketiga ajang tersebut, Indonesia keluar sebagai juara. 

"Coach Maman bukan orang baru bagi saya. Kami sudah lama saling kerja sama, sehingga saya sangat tahu kualitasnya," tambah Fary.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan kehadiran Maman di Akademi BeTA tidak hanya untuk membantu atau menerapkan strategi bermain bagi para pemain akademi tersebut, tetapi juga membantu sepak bola di NTT. 

"Jika ada klub sepak bola di Belu yang ingin mendapatkan pengarahan dari 'coach' Maman, Maman mengaku akan memberikan 'coaching' klinik," ungkap Fary yang namanya masuk dalam bursa calon Ketua Asprov PSSI NTT itu. 

Sementara itu, Maman berkomitmen memberikan yang terbaik untuk Akademi BeTA. Ia memohon dukungan dari semua pihak agar bisa memberikan kontribusi positif, sehingga akademi tersebut bisa mencapai level nasional. 

Baca juga: Sepak bola - Enam pemain Bintang Timur Atambua masuk seleksi timnas U-16 dan U-19
Baca juga: Bintang Timur Atambua diharapkan kembali pada AG 2021