Manggarai Timur peringkat dua dari 21 kabupaten tangani stunting

id stunting,manggarai timur,NTT

Manggarai Timur peringkat dua dari 21 kabupaten tangani stunting

Bupati Manggarai Timur Andreas Agas (ANTARA/Ho-Humas Pemkab Manggarai Timur)

...Tepuk tangan dan pujian harus diberikan kepada tim kerja, karena hasil tidak pernah mengkhianati proses
Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Kabupaten Manggarai Timur mendapatkan peringkat kedua dari 21 kabupaten/kota dalam penilaian kinerja pelaksanaan konvergensi penurunan stunting Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Tepuk tangan dan pujian harus diberikan kepada tim kerja, karena hasil tidak pernah mengkhianati proses," ungkap Bupati Manggarai Timur Andreas Agas ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis, (9/9).

Dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah Provinsi NTT Benediktus Polo Maing menindaklanjuti petunjuk teknis penilaian pemerintah provinsi terhadap kinerja pemerintah kabupaten/kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting, Manggarai Timur berada pada peringkat kedua setelah Kabupaten Rote Ndao.

Menurutnya, hal ini merupakan prestasi karena Manggarai Timur berupaya keras naik peringkat dari sebelumnya peringkat ke-21 pada tahun 2020.

Agas pun memberikan apresiasi kepada tim kerja yang sekuat tenaga melakukan upaya penanganan stunting secara kolaboratif.

Sekda Manggarai Timur Boni Hasudungan melalui Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Jefrin Haryanto menjelaskan peningkatan hasil tersebut merupakan kerja sama antara organisasi perangkat daerah (OPD) pendukung program stunting yang berjalan baik dan bersinergi.

Hal itu juga didukung oleh penguatan kapasitas operator penginput data stunting setiap OPD. Selain itu, ada pertemuan rutin antara OPD pengampu yang dilakukan secara berkala untuk mengevaluasi dan merencanakan aksi tindak lanjut.

Jefrin pun membeberkan beberapa poin proses dan hasil dalam surat penilaian kinerja pelaksanaan konvergensi penurunan stunting NTT, diantaranya penilaian dilakukan untuk aksi 5-8 bagi 21 kabupaten lokus 2020.

Provinsi NTT memiliki 21 lokus kabupaten/kota tahun 2020, karena satu kabupaten yakni Kabupaten Manggarai tidak hadir pada saat penilaian.

Selanjutnya, urutan paling akhir ditempati Kabupaten Sumba Barat Daya dan Kabupaten Kupang.

Baca juga: Manggarai Timur kembangkan lima desa wisata berbasis masyarakat

Baca juga: Manggarai Timur gelar layanan vaksinasi untuk pelajar di sekolah
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021