KIPM edukasi cara makan ikan yang sehat

id Jimmy

KIPM edukasi cara makan ikan yang sehat

Kepala Stasiun KIPM Kelas I Kupang Jimmy L Waren (ANTARA Foto/ist)

"Kegiatan edukasi ini untuk membekali pengetahuan bagi anak-anak dalam memilih ciri-ciri ikan yang sehat dan aman dikonsumsi bagi kesehatan," kata Jimmy Elwaren.
Kupang (AntaraNews NTT) - Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Kelas I Kupang, Selasa (17/4) memberi edukasi kepada ratusan pelajar tingkat SD dan SMP di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur tentang cara mengkonsumsi ikan yang sehat.

"Kegiatan edukasi ini untuk membekali pengetahuan bagi anak-anak dalam memilih ciri-ciri ikan yang sehat dan aman dikonsumsi bagi kesehatan," kata Kepala Stasiun KIPM Kelas I Kupang Jimmy Elwaren di Kupang, Selasa (17/4).

Ia menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian pekan pelayanan publik Balai KIPM yang diluncurkan serentak di seluruh Indonesia pada Senin (16/7).

Jimmy mengatakan sejumlah sekolah di Kota Kupang yang menjadi sasaran kegiatan edukasi tersebut adalah SMP Negeri 8 Kupang, SMP Negeri 2 Kupang, SDK Hosana Kupang, dan SD GMIT Kupang.

Menurut dia, kegiatan ini dipandang penting agar para pelajar dapat mengetahui sendiri ciri ikan yang sehat untuk dikonsumsi agar tidak terkena penyakit.

Selain itu, edukasi ini juga memperkenalkan jenis-jenis ikan kepada para pelajar untuk menambah wawasan keanekaragaman hayati dan mengajak mereka untuk ikut melestarikannya. "Kemudian kegiatan lainnya berupa kuis atau game yang intinya mengajak para pelajar untuk gemar makan ikan," katanya.

Ia menambahkan, ada sejumlah kegiatan lain yang digelar dalam pekan pelayanan publik dari tanggal 16-21 April 2018 seperti pemeriksaan formalin secara gratis produk perikanan di pasar-pasar tradisional dan modern, serta pelepasan kepiting secara liar.

Selain itu, ada pula pengawasan bersama berbagai instansi terkait di pintu-pintu bandara dan pelabuhan untuk mencegah pendistribusian produk perikanan secara ilegal atau tanpa sertifikasi dari pihak berwenang.