Gubernur NTT minta Kapolda baru bantu atasi masalah perizinan daerah

id Kapolda baru NTT, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, perizinan di NTT

Gubernur NTT minta Kapolda baru bantu atasi masalah perizinan daerah

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat. (ANTARA/HO-Biro Humas Setda Provinsi NTT)

...Kita harus bentuk tim untuk menangani itu. Presiden Joko Widodo juga sudah menginstruksikan agar setiap perizinan itu dipercepat
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat meminta Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTT yang baru, Irjen Pol Setyo Budiyanto agar membantu menyelesaikan persoalan perizinan di daerah-daerah di wilayah provinsi berbasiskan kepulauan itu.

"Kehadiran bapak (Irjen Pol Setyo Budiyanto, red) juga sebagai energi positif untuk kita dalam menyelesaikan beberapa masalah di antaranya perizinan-perizinan di setiap kabupaten untuk kita percepat," katanya dalam siaran pers Biro Humas Setda NTT yang diterima di Kupang, Sabtu, (1/1).

Gubernur Laiskodat menyampaikan hal itu dalam acara Kenal Pamit Kapolda NTT di Aula Ina Boi Rumah Jabatan Kapolda NTT di Kupang.

Irjen Pol Setyo Bidiyanto menjabat sebagai Kapolda NTT menggantikan Irjen Pol Drs. Lotharia Latif yang mengemban tugas baru sebagai Kapolda Maluku.

Gubernur Laiskodat mengatakan pemerintahannya menyambut gembira atas kehadiran Irjen Pol Setyo Budiyanto sebagai Kapolda baru di NTT.

Ia meminta agar Irjen Pol Setyo Budiyanto membantu penyelesaian persoalan di NTT, salah satunya di setiap kabupaten/kota agar bisa dipercepat.

"Kita harus bentuk tim untuk menangani itu. Presiden Joko Widodo juga sudah menginstruksikan agar setiap perizinan itu dipercepat," katanya.

Lebih lanjut Gubernur Laiskodat menjelaskan Kapolda NTT yang baru merupakan mantan Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sehingga semangat sebagai penyidik itu terus diterapkan di NTT.

"Negara atau sebuah daerah itu maju kalau pemerintahannya tidak rakus tidak ada ketamakan," katanya," katanya.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas pengabdian Kapolda NTT yang lama, Irjen Pol Lotharia Latif atas kinerja dan semangat yang luar biasa untuk provinsi tersebut.

Kenangan yang paling berkesan, kata dia adalah kinerja Lotharia Latif bersama jajarannya dalam mengatasi masalah pencurian ternak di Pulau Sumba serta penyelesaian lahan di kawasan Besipae Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Dalam penanganan bencana badai siklon tropis Seroja di NTT, Kapolda bersama jajaran sudah sangat membantu dengan turun ke lapangan sampai ke pelosok-pelosok guna membantu masyarakat. Selain itu juga membantu percepatan vaksinasi COVID-19 yang kini sudah mencapai 67 persen.

Baca juga: Direktur Penyidikan KPK pamit pascapromosi menjadi Kapolda NTT

"Terima kasih Pak Latif yang sebagai komandan di lapangan tidak pernah ragu-ragu untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah itu. Harapan kami jangan kendor dan tetap semangat untuk melaksanakan tugas yang baru sebagai Kapolda Maluku," pungkasnya.

Baca juga: Kapolda NTT sebut perayaan Natal berlangsung aman