Kapolda NTT pastikan kapal patroli yang baru bantu pengamanan KTT ASEAN

id NTT, Polda NTT,KTT ASEAN,Kota Kupang,Kapal Patroli baru

Kapolda NTT pastikan kapal patroli yang baru bantu pengamanan KTT ASEAN

Dua unit kapal patroli KP Pulau Pomana dan KP Pulau Padar di dermaga Dirpolairud Polda NTT di Bolok, Kabupaten Kupang, NTT, Jumat (31/3/2023). ANTARA/Kornelis Kaha

Untuk KTT ASEAN kita akan geser juga kapal baru ini agar bisa diperbantukan untuk menjaga keamanan perairan selama pelaksanaan pertemuan sejumlah kepala negara tersebut...
Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Johanis Asadoma mengatakan bahwa satu dari dua kapal patroli yang baru diresmikan akan diperbantukan untuk pengamanan saat pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat pada Mei 2023

“Untuk KTT ASEAN kita akan geser juga kapal baru ini agar bisa diperbantukan untuk menjaga keamanan perairan selama pelaksanaan pertemuan sejumlah kepala negara tersebut,” katanya di Kupang, Jumat, (31/3/2023).

Hal ini disampaikan menanggapi kedatangan dua kapal patroli tipe C1 yang baru diresmikan dan diuji coba berlayar di perairan Kupang selama kurang lebih satu jam.

Dia mengatakan bahwa dalam pelaksanaan KTT ASEAN 2023 posisi Polri hanya sebagai BKO saja, sebab dalam hal pengamanan kepala negara masuk dalam kewenangan TNI dan Paspampres.

“Kita berharap kapal yang baru ini bisa membantu juga pengamanan di Labuan Bajo,” tambah dia.

Dia juga mengatakan bahwa keberadaan dua kapal patroli baru itu dipastikan bisa membantu menjaga wilayah perairan NTT, walaupun pada dasarnya belum sepenuhnya bisa untuk mengamankan seluruh wilayah perairan NTT yang sangat luas.

“Kalau dibilang cukup atau tidak, ya belum cukup, tetapi dengan kapal yang ada dipastikan bisa membantu pengamanan perairan di NTT,” ujar dia.

Direktur Polairud Polda NTT Kombes Pol Nyoman Budiarja mengatakan dari dua kapal yang didapat itu, nantinya satu akan ditempatkan di Labuan Bajo untuk pengamanan wilayah tersebut secara permanen.

Sementara satu kapal lagi akan ditempatkan di Pulau Rote Ndao yang berbatasan dengan Australia sekaligus menjaga kawasan perairan tersebut agar terhindar dari berbagai kasus pemboman ikan dan tindakan pidana lainnya.

Baca juga: BPOLBF dorong pemanfaatan produk lokal saat ASEAN Summit 2023

Baca juga: Polda NTT siapkan 25 kantong parkir kendaraan tamu negara KTT ASEAN



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kapolda pastikan kapal patroli yang baru bantu pengamanan KTT ASEAN