Bupati Korinus ajak pengurus FKUB cegah radikalisme

id NTT,FKUB Kabupaten kupang

Bupati Korinus ajak pengurus FKUB cegah radikalisme

Bupati Kupang Korinus Masneno foto bersama pengurus FKUB Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dikukuhkan, di Oelamasi, Kamis (10/2/2022). (ANTARA/HO-Prokompim Kabupaten Kupang)

...Tidak ada alasan untuk saling mencela dan menyombongkan diri karena kita berasal dari akar yang sama
Kupang (ANTARA) - Bupati Kupang Korinus Masneno mengajak seluruh pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) mencegah radikalisme karena dapat mengganggu kerukunan hidup umat beragama di daerah ini.

"Pengurus FKUB agar mengeliminasi segala bentuk tindakan ekstrem, di mana pemeluk agama yang satu menganggap bahwa agama atau kepercayaannya adalah yang paling benar dan yang lain salah. Jadikan moderasi beragama sebagai benang merah pemersatu di Kabupaten Kupang untuk terus memupuk kerukunan dan kedamaian umat beragama," kata dia saat melakukan pengukuhan pengurus FKUB Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur di Oelamasi, Kamis, (10/2).

Ia mengatakan pengurus FKUB Kabupaten Kupang yang telah dikukuhkan agar bekerja sesuai tugas dan fungsinya dalam menjaga kerukunan umat beragama di daerah itu.

"Pemerintah Kabupaten Kupang menyampaikan terima kasih pengurus FKUB sebelumnya yang telah bekerja keras dalam menjaga lingkungan masyarakat yang damai dan tenteram dalam kehidupan beragama di daerah ini," kata Korinus Masneno.

Ia berharap, Kabupaten Kupang tetap menjadi daerah yang mendukung NTT sebagai provinsi dengan indeks kerukunan umat beragama tertinggi di Indonesia.

Bupati Korinus Masneno juga mengajak FKUB untuk membantu pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan COVID-19, baik dalam bentuk penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 maupun dalam program vaksinasi.

"Mari bersama-sama memelihara iklim sosial yang kondusif dengan bekerja keras, memelihara toleransi dan kerja sama sebagai bukti nyata iman untuk mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera," kata dia.

Ketua FKUB Kabupaten Kupang Pendeta Yunus Kaitulang berharap, seluruh pengurus FKUB untuk menjadi motor penggerak toleransi umat beragama di daerah itu.

"Tidak ada alasan untuk saling mencela dan menyombongkan diri karena kita berasal dari akar yang sama. Untuk itu, kualitas komunikasi dan relasi yang baik akan menjadi energi positif yang harus disampaikan ke jemaat dan umatnya masing-masing," kata dia.

Ia juga mengajak badan pengurus FKUB untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kupang dalam upaya menyejahterakan umat dengan mewujudkan visi dan misi Pemkab Kupang melalui program Revolusi 5P.

Baca juga: Pemkab Kupang ajak lintas sektor kolaborasi atasi 6.674 kasus stunting

Baca juga: Pembangkit listrik tenaga mesin gas akan dibangun di Kupang