Kupang gandeng Jepang bangun jaringan air bersih

id WALI KOTA

Kupang gandeng Jepang bangun jaringan air bersih

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore (kiri) menyerahkan cendera mata kepada Tomonori Kimura, Perwakilan Pemerintah Jepang di Indonesia saat berkunjung ke Kupang, Rabu (18/7). (ANTARA Foto/istimewa). (ANTARA Foto)

Pemerintah Kota Kupang menggandeng Pemerintah Jepang membangun fasilitas air bersih, kelistrikan dan sektor pertanian di ibu kota provinsi berbasis kepulauan itu.
Kupang (AntaraNews NTT) - Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur menggandeng Pemerintah Jepang membangun fasilitas air bersih, kelistrikan dan sektor pertanian di ibu kota provinsi berbasis kepulauan itu.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan Wali kota Kupang, Jefri Riwu Kore dan perwakilan Pemerintah Jepang, Tomonori Kimura berlangsung di Kupang, Rabu (18/7).

Jefri dalam kesempatan itu mengatakan, kerjasama difokuskan pada tiga sektor yaitu penanganan air bersih, kelistrikan dan pertanian.

"Penandatangan kerjasama ini menandai dimulainya pembangunan Kota Kupang sebagai smart city dalam mendorong percepatan pembangunan pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Kupang," kata Jefri.

Sesuai nota kesepahaman yang ditandatangani itu Pemerintah Kota Kupang akan bersedia menyiapkan ijin, jaminan keamanan investasi selama Pemerintah Jepang melakukan investasi di daerah ini.

Baca juga: Dinas Pariwisata Kota Kupang latih warga menyelam

Sementara itu pemerintah Jepang akan menyiapkan master plan untuk penataan pembangunan Kota Kupang sebagai smart city serta mengusahakan teknologi dalam bidang penyediaan listrik, pertanian dan air bersih yang memadai untuk kebutuhan masyarakat Kota Kupang.

Pemerintah Jepang juga akan membantu pemerintah Kota Kupang mengatasi masalah perkotaan serta mendorong dan mengajak masyarakat Kota Kupang dalam melestarikan lingkungan dan mengembangkan sumber energi ramah lingkungan untuk menyelamatkan bumi dan meningkatkan kualitas hidup.

Sementara itu Tomonori Kimura, mengatakan, Kota Kupang memiliki keunggulan sebagai daerah tujuan wisata karena memiliki budaya yang beragam, sosial serta panorama alamnya yang indah.

Ia mengatakan, Kota Kupang tempat transit bagi wisatawan sebelum menuju destinasi wisata di provinsi berbasis kepulauan itu akan mempercepat pembangunan di daerah ini.

"Iklim investasi yang kondunsif sangat menjanjikan di Kota Kupang sehingga mendorong pemerintah Jepang membangun kerjasama dengan pemerintah Kota Kupang," kata Tomonori.

Baca juga: Pemkot pastikan kantor perizinan tak persulit investor