Nelayan Kota Kupang merasakan manfaat program asuransi

id HNSI

Nelayan Kota Kupang merasakan manfaat program asuransi

Ketua HNSI Kota Kupang Maxi Effendi Ndun (kedua dari kiri).

Masyarakat nelayan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur sudah mulai merasakan manfaat program asuransi setelah pemberian klaim kepada nelayan yang mengalami kecelakaan saat melaut.
Kupang (AntaraNews NTT) - Masyarakat nelayan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur sudah mulai merasakan manfaat program asuransi setelah pemberian klaim kepada nelayan yang mengalami kecelakaan saat melaut.

"Pogram asuransi nelayan ini sangat berguna. Sejumlah nelayan telah merasakan manfaat dari asuransi tersebut," kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Kota Kupang Maxi Effendi Ndun kepada Antara di Kupang, Kamis (26/7).

Menurut dia, sekitar 5.000 dari 7.000 nelayan yang mencari nafkah hidup di Kota Kupang dan sekitarnya, telah dilindungi oleh program asuransi tersebut.

Ia mengatakan tingginya animo masyarakat nelayan Kota Kupang mengikuti program asuransi nelayan, karena program itu memiliki manfaat bagi nelayan yang memiliki tingkat risiko kecelakaan sangat tinggi saat melakukan akitifitas kerja di laut.

"Manfaatnya sangat besar. Profesi sebagai nelayan memiliki tingkat risiko kecelakaan yang sangat tinggi saat bekerja di laut sehinga membutuhkan perlindungan asuransi," kata Maxi.

Ia menambahkan HSNI akan terus mendorong agar 2.000 orang nelayan Kota Kupang yang belum ikut dalam program asuransi bisa menjadi anggota agar bisa mendapat perlindungan saat mengalami kecelakaan kerja.

Menurut Maxi, pengurusan asuransi nelayan sangat mudah termasuk dalam proses pembayaran klaim asuransi terhadap nelayan yang mengalami kecelakaan di laut. 

Baca juga: 1.000 nelayan Kota Kupang dilindungi asuransi
Baca juga: Seorang nelayan dapat klaim asuransi Rp40 juta