BMKG bilang waspadai karhutla di tiga daerah di NTT

id karhutla di NTT,kebakaran hutan,musim kemarau NTT,hutan NTT,NTT,BMKG

BMKG bilang waspadai karhutla di tiga daerah di NTT

Ilustrasi - Sejumlah petani di Kecamatan Witihama, Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT, saat membersihkan lahan pertanian. (ANTARA/HO-Kamilus Tupen Jumat).

Kami mengimbau warga agar mewaspadai potensi karhutla dengan menghindari aktivitas yang memunculkan titik api...
Kupang (ANTARA) - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tiga daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Tiga daerah dengan status mudah dan sangat mudah terjadinya karhutla yaitu Kabupaten Rote Ndao, Sabu Raijua, dan Sumba Timur," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi di Kupang, Minggu, (5/6/2022).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan peringatan dini karhutla di NTT.

Agung menjelaskan bahwa di daerah-darah tersebut kondisi alang-alang dan dedaunan yang biasanya menutup lantai hutan dalam kondisi sangat kering sehingga mudah terbakar.

Dengan demikian, kata dia, ketika ada aktivitas warga yang memicu kemunculan titik api akan sangat rawan menimbulkan karhutla yang dapat meluas dengan cepat.

Agung mengatakan kemunculan titik api umumnya akibat aktivitas warga baik disengaja maupun tidak disengaja seperti membuka lahan pertanian atau perkebunan dengan cara membakar.

Selain itu, tindakan membuang puntung rokok di area terbuka yang terdapat tumpukan rumput atau dedaunan kering yang mudah tersulut api.

"Oleh karena itu, kami mengimbau warga agar mewaspadai potensi karhutla dengan menghindari aktivitas yang memunculkan titik api," katanya.

Baca juga: BMKG: Dua zona musim di NTT belum masuki musim kemarau

Agung mengatakan, dengan adanya angin kencang yang bersifat kering di saat musim kemarau membuat karhutla mudah terjadi dan lebih sulit untuk ditangani.

Baca juga: BMKG prakirakan cuaca hari ini didominasi hujan

"Oleh karena itu, langkah pencegahan perlu dilakukan secara baik oleh berbagai elemen masyarakat terutama di daerah yang berstatus rawan karhutla sehingga tidak menimbulkan dampak kerugian yang besar," katanya.