BMKG: Waspadai hujan disertai angin kencang

id angin kencang

BMKG: Waspadai hujan disertai angin kencang

BMKG meminta masyarakat untuk tetap waspada terhada hujan dan angin kencang yang sedang melanda wilayah kepulauan ini...

"Berdasarkan foto citra satelit, sejumlah wilayah di Kabupaten Kupang akan diguyur hujan sedang hingga deras disertai angin kencang," kata Sulton Kharisma.
Kupang (AntaraNews NTT) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Gerofisika (BMKG) mengingatkan warga untuk mewaspadai hujan deras disertai angin kencang di beberapa wilayah di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) sepanjang siang hingga sore ini.

"Berdasarkan foto citra satelit, sejumlah wilayah di Kabupaten Kupang akan diguyur hujan sedang hingga deras disertai angin kencang," kata Prakirawan dari BMKG El Tari Kupang, Sulton Kharisma, Kamis (1/11).

Wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi hujan dan dapat disertai angin kencang itu adalah wilayah Takari, Amfoang Selatan, Nunbena, Mollo Utara, Fatuleu, Amabi Oefeto. Potensi hujan dan angin ini diperkirakan akan meluas ke Kupang Timur, Mollo Barat dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pkl 14.30 WIB. Wilayah Kabupaten Kupang dalam beberapa hari terakhir ini terus diguyur hujan.

Climate forecaster BMKG untuk wilayah NTT, Hamdan Nurdin secara terpisah mengatakan, sebagian wilayah Kabupaten Kupang akan memasuki awal musim hujan 2018/2019.

"Saat ini satu dari 23 zona musim (ZOM) sudah memasuki awal musim hujan 2018/2019, yakni sebagian Manggarai, Manggarai Timur dan Ngada, dan akan disusul satu ZOM pada dasarian II November-dasarian I Desember 2018, meliputi Kabupaten Kupang dan Timor Tengah Selatan (TTS)," katanya.

Sedangkan pada dasarian III November hingga dasarian II Desember, sebagian besar wilayah sudah memasuki awal musim hujan 2018/2019, katanya menambahkan.

Baca juga: Pertemuan tekanan tinggi di Australia picu angin kencang di NTT
Baca juga: BMKG: Waspadai puting beliung selama musim pancaroba