Pemkab Manggarai bentuk 52 desa persiapan

id NTT,desa pemekaran,kabupaten manggarai,batas desa,Heri Nabit

Pemkab Manggarai bentuk 52 desa persiapan

Bupati Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur Heribertus Nabit. ANTARA/Benny Jahang.

Pemkab Manggarai sudah melakukan rapat koordinasi penetapan dan penegasan batas desa dalam wilayah Kabupaten Manggarai sebagai tindak lanjut pembentukan 52 desa persiapan...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur telah membentuk 52 desa persiapan yang segera menjadi desa definitif sehingga perlu ditetapkan batas-batas desa yang ditetapkan dalam peta resmi melalui peraturan Bupati Manggarai.

"Pemkab Manggarai sudah melakukan rapat koordinasi penetapan dan penegasan batas desa dalam wilayah Kabupaten Manggarai sebagai tindak lanjut pembentukan 52 desa persiapan ," kata Bupati Manggarai Heribertus Nabit saat dihubungi dari Kupang, Jumat, (30/9/2022).

Ia mengatakan rapat koordinasi itu dihadiri seluruh kepala desa dan penjabat kepala desa persiapan se-Kabupaten Manggarai sekaligus menandai ditetapkannya batas-batas desa dan kelurahan yang disahkan dalam peta resmi yang tertuang dalam peraturan Bupati Manggarai.

Dia mengatakan Kabupaten Manggarai telah memekarkan 52 desa persiapan terdiri dari 22 desa pada 2018 dan 30 desa persiapan yang dibentuk pada 2019 dan saat ini Kabupaten Manggarai memiliki 145 desa definitif yang tersebar di 11 kecamatan kecuali Kecamatan Langke Rembong.

Menurut dia hasil penetapan batas desa nantinya akan diajukan kepada Kementerian Dalam Negeri melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi NTT agar kemudian desa-desa persiapan dapat disahkan menjadi desa definitif.

Bupati Heribertus Nabit mengatakan membangun Kabupaten Manggarai dengan wilayahnya yang cukup luas, dengan kondisi geografis dan topografi yang cukup menantang merupakan sebuah tantangan besar bagi Pemerintah dan masyarakat Manggarai.

Menurut dia sejak berdirinya Kabupaten Manggarai masih banyak ketertinggalan yang harus dikejar terutama dalam upaya mewujudkan Manggarai yang maju, adil, dan berdaya saing.

Menghadapi tantangan tersebut menurut dia berbagai upaya telah dilakukan untuk mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Manggarai, berkat kerja keras yang dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai dan didukung oleh Pemerintah desa dengan hasilnya sangat positif dan cukup signifikan.

Baca juga: Rote Ndao komitmen lestarikan Sasando lewat sanggar musik

Baca juga: Ibu Negara tinjau vaksinasi COVID-19 di Labuan Bajo, Manggarai Barat