Kupang (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), NTT berkolaborasi dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia menyiapkan camilan khas NTT dengan rute Labuan Bajo-Jakarta sebagai bagian dari mempromosikan produk UMKM ekraf (ekonomi kreatif) lokal Labuan Bajo.

“Itu sudah mulai berjalan sejak 27 Januari 2023 lalu dengan membagikan suvenir produk lokal UMKM ekraf tersebut kepada para penumpang maskapai penerbangan Garuda Indonesia rute Labuan Bajo-Jakarta,” kata DIrektur Utama BPOLBF Shana Fatina kepada ANTARA saat dihubungi dari Kupang, Rabu, (1/2/2023).

Hal ini disampaikannya ketika ditanya soal program-program yang dilakukan oleh BPOLBF di tahun 2023 dalam rangka mempromosikan produk UMKM lokal di Labuan Bajo.

Dia mengapresiasi kemauan dan niat dari Garuda Indonsia yang mana menurutnya sudah sudah saatnya produk UMKM ekraf Labuan Bajo dipasarkan lebih luas, salah satunya oleh Garuda Indonesia.

Shana juga menyampaikan, selain Labuan Bajo, saat ini pengembangan produk dan perluasan pemasaran produk UMKM ekraf dari kawasan (Flores, Lembata, Alor, dan Bima) Floratama menjadi target utama Pasar Floratama yang merupakan salah satu program unggulan BPOLBF untuk mewadahi UMKM Ekraf lokal kawasan Floratama dalam memasarkan produknya.

“Kolaborasi ini sangat strategis. Kami sangat membutuhkan pihak-pihak yang mau berkontribusi langsung dalam akselerasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Labuan Bajo,” ujar dia,

Shana mengatakan bahwa BPOLBF juga melihat, bahwa produk UMKM ekraf Labuan Bajo sangat amat potensial, sehingga layak dijadikan snack atau makanan camilan bagi para penumpang pesawat yang terbang dari Labuan Bajo.

“Sebab ketika orang mencoba makanannya, maka akan langsung ingat destinasinya,” tambah Shana.

Shana juga berharap kedepannya, selain penerbangan rute Labuan Bajo - Jakarta, Garuda Indonesia juga dapat menyediakan oleh-oleh khas lokal Labuan Bajo pada rute penerbangan Garuda lainnya di Indonesia agar Labuan Bajo dapat makin dikenal karena oleh-oleh khas produk ekrafnya.

Baca juga: BPOLBF ingatkan wisatawan pastikan operator wisata terlatih

Baca juga: BPOLBF berkolaborasi dalam pemilahan sampah di DPSP Labuan Bajo

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024