Kupang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia Kalake mengingatkan penjabat Bupati Flores Timur dan Lembata untuk mengawal serta membantu memperlancar pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 27 November 2024.

"Saat ini kita telah memasuki tahapan pilkada, saya berharap kedua penjabat bupati dapat berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu untuk memastikan realisasi dan pencairan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sesuai tahapan penyelenggaraan pilkada yang telah ditetapkan," kata Ayodhia di Kupang, Selasa, (28/5/2024).

Hal ini disampaikan Ayodhia Kalake dalam sambutannya pada pelantikan Penjabat Bupati Flores Timur Sulastri H.I. Rasyid dan Penjabat Bupati Lembata Paskalis Ola Tapo Bali di Aula El Tari Kupang.

Penjabat Bupati Flores Timur Sulastri H.I. Rasyid dilantik menggantikan Doris Alexander Rihi. Sedangkan Paskalis Ola Tapo Bali dilantik sebagai Penjabat Bupati Lembata menggantikan Matheos Tan.

Ayodhia Kalake dalam arahannya juga meminta dua penjabat bupati yang baru dilantik mendukung upaya validasi dan verifikasi daftar pemilih tetap (DPT) sehingga masyarakat di Kabupaten Flores Timur dan Lembata dapat berpartisipasi secara optimal pada Pilkada 2024.

Ayodhia juga mengimbau dua penjabat bupati dapat membangun koordinasi yang baik dengan forkompimda dan pemangku kepentingan lainnya untuk menjaga situasi tetap kondusif dan damai selama tahapan pilkada.

"Jaga independensi dan integritas terhadap semua kontestan pilkada, serta memantau dan mengendalikan netralitas ASN," tegasnya.

Penjabat Gubernur NTT mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkada 2024 menjadi satu dari sekian arahan agar dua penjabat bupati itu fokus mengawal wilayahnya agar aman dan damai.

Baca juga: NTT rehabilitasi mangrove lewat pembangunan wilayah terpadu
Baca juga: Pj. Gubernur minta PLTS di Sumba Tengah tingkatkan ekonomi masyarakat

Selain itu, masalah Pilkada 2024 juga menjadi arahan Presiden Joko Widodo saat pertemuan dengan penjabat gubernur dan penjabat bupati/wali kota se-Indonesia pada 30 Oktober 2023.

Baca juga: Pj Gubernur ajak perusahaan di Lampung berinvestasi di NTT

"Karena itu, saya harapkan hal ini menjadi fokus bagi dua kepala daerah yang dilantik pada hari ini," ujar Ayodhia.

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024