Kupang (ANTARA) - Satgas Pamtas RI-RDTL dari satuan Yonkav 6/Naga Karimata kembali menerima satu pucuk senjata rakitan jenis Flintlock dari seorang warga berinisial SS di desa Eban, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan dengan Timor Leste.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 6/Naga Karimata Letkol Kav Ronald Tampubolon dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kupang, Selasa, (4/6/2024) mengatakan bahwa warga tersebut menyerahkan senjatanya secara sukarela.

“Senjata itu diserahkan secara sukarela oleh yang bersangkutan,” katanya.

Dansatgas menjelaskan penyerahan senjata api tersebut merupakan wujud dari berhasilnya program teritorial yang dilaksanakan Satgas Yonkav 6/Naga Karimata.

Ia menambahkan bahwa penyerahan senjata oleh SS tersebut bermula dari kegiatan perbantuan pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) yang dilaksanakan Dansatgas Yonkav 6/Naga Karimata.

Suksesnya pembangunan RTLH yang dilaksanakan oleh Dansatgas Yonkav 6/Naga Karimata membuat Pasiter Satgas Yonkav 6/Naga Karimata Lettu Kav Arif Sudarmono mendapatkan informasi bahwa SS ingin memberikan sebuah buah tangan kepada Dansatgas sebagai ungkapan terima kasih.

Warga tersebut datang sendiri ke Mako Satgas dengan membawa sepucuk senjata rakitan jenis Flintlock yang merupakan peninggalan orang tuanya.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-RDTL terima satu pucuk senjata jenis flintlock dari warga

Orang tua SS merupakan pejuang Timor-Timor pada tahun 1999. Saat tiba di Mako Satgas, senjata itu langsung diserahkan kepada Dansatgas Yonkav 6/Naga Karimata sebagai ungkapan dari keberhasilan yang dilaksanakan oleh Mako Satgas.

Baca juga: Warga perbatasan RI-RDTL kembali serahkan senjata ke TNI

Sampai dengan saat ini sudah kurang lebih enam atau tujuh senjata yang sudah diserahkan oleh warga di wilayah

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024