Besok, Wali Kota Palangka Raya resmikan Kantor Cabang Kopdit Pintu Air

id kopdit pintu air,kantor cabang baru kopdit pintu air,kantor cabang kopdit pintu palangka raya

Besok, Wali Kota Palangka Raya resmikan Kantor Cabang Kopdit Pintu Air

Kantor Cabang Kopdit Pintu Air di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. (ANTARA/HO-Kopdit Pintu Air)

Kupang (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dijadwalakan meresmikan Kantor KSP Kopdit Pintu Air Cabang Palangka Raya di Kompleks Soverdi Jalan Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimatan Tengah.

"Wali Kata Palangka Raya Fairid Naparin akan meresmikan kantor cabang kami yang baru di Palangka Raya pada Sabtu (19/11) besok," Sekretaris II Pengurus Pusat KSP Pintu Air Tonceanus Jawa dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat (18/11/2022).

Ia mengatakan kehadiran Kantor Pintu Air Cabang Palangka Raya merupakan awal dari rangkaian acara peresmian tiga kantor cabang di luar Provinsi Nusa Tenggara Timur selama sepekan ke depan. 

Dua kantor cabang lainnya yakni di Kota Sengata Provinsi Kalimantan Timur yang akan diresmikan pada Selasa 22 November 2022 dan Cabang Dompu di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Sabtu, 26 November 2022. 

"Ketiga Kantor tersebut telah hadir dan beroperasi melayani masyarakat sejak tahun 2019 dan kini saatnya dinaikkan statusnya dari kantor cabang pembantu menjadi kantor cabang," katanya.

Kantor Cabang Palangka Raya sebelumnya adalah salah satu Kantor Cabang Pembantu (KCP) yang berkoordinasi langsung dengan kantor pusat KSP Kopdit Pintu Air yang beralamat di Kampung Rotat, Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, NTT.

Kantor cabang itu merupakan kantor Cabang ke-56 yang telah memberikan pelayanan bagi masyarakat Indonesia di daerah itu. Sebelumnya, Kopdit Pintu Air telah hadir dan melayani warga masyarakat nusantara di 55 Kantor Cabang di 20 Provinsi di Indonesia.

Lebih lanjut ia menjelaskan peresmian akan didahului dengan perayaan misa syukur yang dipimpin Pater George Krilberger SVD selaku penasehat rohani Kopdit Pintu Air dan imam konselebran serta dimeriahkan oleh koor dari umat setempat.

Usai misa akan dilanjutkan dengan penjemputan tamu VIP dari pemerintah provinsi dan kota Palangka Raya kemudian dilakukan acara seremonial peresmian kantor oleh wali kota atau pejabat yang mewakili.

Acara peresmian akan dihadiri langsung tokoh koperasi nasional Romanus Woga yang adalah Wakil Bupati Sikka, pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Kalimatan Tengah dan Kota Palangka Raya, Ketua Pengurus Pusat KSP Kopdit Pintu Air Yakobus Jano, pejabat Dinas Koperasi Kota Palangka Raya, mitra gerakan koperasi kredit dan lembaga jasa keuangan lainnya.

Hadir juga Ketua Pengawas Bernabas Hening, General Manager KSP Kopdit Pintu Air Gabriel Pito Sorowutun, Penasehat Rohani Pater George Kirlberger SVD, Wakil Ketua III Vinsensius Deo bersama staf sekretariat Tarsisius Aman, Trudis Lake serta media partner.

Ketua Komite Cabang Pembantu (KCP) Palangka Raya Sirilus Satban mengatakan persiapan peresmian Kantor Cabang Palangka Raya sudah mencapai 95 persen.

Dengan peningkatan Kantor Cabang Palangka Raya dari KCP diharapkan mampu mengoptimalkan pelayanan bagi warga masyarakat Kota Palangka Raya dan juga Provinsi Kalimatan Tengah pada umumnya dalam mengakses fasilitas layanan simpan pinjam berbasis koperasi.

Sirilus menjelaskan KCP Palangka Raya sudah berdiri sejak tahun 2019 dan telah memiliki jumlah anggota 847 orang. Total aset yang ada saat ini adalah Rp6 miliar lebih.

Mayoritas anggota KSP Kopdit Pintu Air Palangka Raya didominasi oleh masyarakat Dayak, para pendatang termasuk warga diaspora Nusa Tenggara Timur yang bekerja di Kalimantan Tengah.

Ia menjelaskan dana pinjaman yang digulirkan saat ini lebih banyak untuk kepentingan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) termasuk sekitar 25 persen oleh para buruh yang bekerja di perkebunan kelapa sawit.

KSP Kopdit Pintu Air adalah salah satu koperasi peringkat satu nasional. Saat ini jumlah anggota Pintu Air sebanyak 335.550 orang lebih yang tersebar di 55 cabang di 20 provinsi di Indonesia dengan total aset mencapai Rp 1,7 triliun.