PLN NTT siapkan listrik dari empat pembangkit dukung KTT ASEAN

id pln ntt,listik untuk ktt asean,ktt asean 2023,ktt asean labuan bajo,ktt asean di indonesia,listrik labuan bajo,labuan ba

PLN NTT siapkan listrik dari empat pembangkit dukung KTT ASEAN

Infrastruktur tol listrik Flores yang digunakan untuk memasok listrik dari pembangkit-pembangkit listrik yang tersebar di Pulau Flores ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, yang merupakan lokasi pelaksanaan kegiatan KTT ASEAN. (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT)

Pasokan listrik di Labuan Bajo untuk mendukung KTT ASEAN pada Mei mendatang didukung dari empat pembangkit besar di Pulau Flores...
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur mengalirkan listrik dari empat sumber pembangkit listrik PLN yang tersebar di Pulau Flores untuk mendukung pelaksanaan kegiatan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

"Pasokan listrik di Labuan Bajo untuk mendukung KTT ASEAN pada Mei mendatang didukung dari empat pembangkit besar di Pulau Flores antara lain PLTMG Rangko, PLTP Ulumbu, PLTU Ropa dan PLTMG Maumere," kata General Manager PLN UIW NTT Fintje Lumembang dalam keterangan yang diterima di Kupang, Senin, (30/1/2023).

Ia menyampaikan hal itu berkaitan dengan kesiapan sistem listrik PLN untuk mendukung pelaksanaan pertemuan KTT ASEAN yang akan digelar pada Mei 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Fintje menjelaskan keempat pembangkit listrik dengan total kapasitas daya lebih dari 80 mega watt itu dihubungkan melalui tol listrik Flores yang terbentang dari Maumere Kabupaten Sikka hingga Labuan Bajo.

Selain itu PLN juga menyiagakan sejumlah fasilitas listrik seperti 5 unit UPS (Uninterruptible Power Supply) mobile, 8 unit generator, 9 Unit ATS (Auto Transformation System) dan 6 unit gardu bergerak (UGB).

"Kami juga menyiagakan 11 posko siaga dan 37 personel untuk mengawal pasokan listrik selama kegiatan berlangsung," katanya.

Fintje mengatakan, pihaknya juga menyiapkan integrasi penyulang serta peremajaan sistem komunikasi radio dan PLN UP3 FBB akan mendatangkan UPS mobile dari PLN UP3 Kupang dan Nusa Tenggara Barat untuk memudahkan pemantauan kondisi setiap saat selama kegiatan KTT ASEAN berlangsung.

Ia mengatakan PLN memastikan pasokan listrik tetap handal untuk sejumlah titik Bandar Udara Komodo, venue KTT ASEAN di Hotel Meruorah, dan Waterfront Marina, wilayah Tana Mori, venue di Puncak Waringin.

Lokasi-lokasi tersebut, kata dia, juga akan ditinjau empat menteri yang akan melakukan kunjungan ke Labuan Bajo yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Indonesia Pratikno, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Jadi kami terus berkoordinasi dengan PLN Pusat maupun juga berbagai stakeholder lainnya yang ikut berperan serta dalam mendukung kegiatan KTT ASEAN," katanya.

Baca juga: Artikel - Menanti kiprah Indonesia dalam membantu penyelesaian krisis Myanmar

Baca juga: Kapolda: Pengamanan super prioritas diterapkan bagi peserta KTT ASEAN