Kemenkeu jalankan Program U-Fine perkuat pembiayaan UMKM NTT

id umkm ntt,pemberdayaan umkm,dukungan kemenkeu bagi umkm,akses pembiayaan umkm,pembiayaan umkm ntt,djpb ntt,kemenkeu,ntt

Kemenkeu jalankan Program U-Fine perkuat pembiayaan UMKM NTT

Salah satu UMKM terlibat dalam kegiatan bazar UMKM (market day) yang digelar Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT Kementerian Keuangan di Kota Kupang. (ANTARA/HO-Kanwil DJPb Provinsi NTT Kemenkeu)

Kami memberikan asistensi dan edukasi bagi pelaku UMKM maupun calon UMKM untuk mengakses pembiayaan KUR maupun UMi...
Kupang (ANTARA) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjalankan Program UMKM Financing Empowerent (U-Fine) untuk memperkuat pembiayaan yang memadai bagi UMKM di Provinsi Nusa Tenggara Timur agar usaha bisa bertumbuh pesat.

Kementerian Keuangan berperan secara aktif dalam pemberdayaan UMKM melalui Program U-Fine yang diharapkan dapat membantu permasalahan UMKM dari aspek pembiayaan.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi NTT Kemenkeu Catur Ariyanto Widodo dalam keterangan yang diterima di Kupang, Kamis, (8/3/2023).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan dukungan Kementerian Keuangan dalam memperkuat pembiayaan untuk pertumbuhan UMKM di NTT.

Catur menjelaskan melalui program itu, pihaknya mendorong inklusi keuangan UMKM, mendorong debitur kredit usaha rakyat (KUR) atau pembiayaan ultra mikro (UMi) naik kelas.

Selanjutnya mampu mengakses marketplace pemerintah, hingga mendorong sinergi dengan pemerintah daerah dan stakeholder dalam mendukung peningkatan UMKM di Provinsi NTT.

Ia mencontohkan seperti pelatihan akses permodalan bagi sebanyak 43 pelaku UMKM di Kota Kupang beberapa waktu lalu.

Pelatihan itu menghadirkan lintas instansi seperti Dinas Koperasi dan UKMK Provinsi NTT, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan Pegadaian setempat.

Selain itu, melibatkan sebanyak 30 pelaku UMKM dalam kegiatan bazar UMKM (market day) pada acara puncak peringatan Hari Bakti Perbendaharaan ke-19 2023 di Kota Kupang.

"Kami memberikan asistensi dan edukasi bagi pelaku UMKM maupun calon UMKM untuk mengakses pembiayaan KUR maupun UMi," katanya.

Catur mengatakan, khusus untuk pembiayaan KUR dari perbankan juga mendapat subsidi bunga dari pemerintah sehingga meringankan para pelaku UMKM ketika membayar kredit untuk usaha mereka.

Para pelaku UMKM yang binaan, kata dia, juga selanjutnya menjadi mitra pemerintah sehingga belanja pemerintah diarahkan untuk menyerap produk-produk mereka.

Baca juga: Kemenkeu latih akses permodalan bagi pelaku UMKM di NTT

Baca juga: BPOLBF -Garuda Indonesia kolaborasi promosi produk UMKM Labuan Bajo




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkeu jalankan Program U-Fine perkuat pembiayaan bagi UMKM NTT