BMGK Kupang Buka Posko Informasi Cuaca

id BMKG

BMGK Kupang Buka Posko Informasi Cuaca

BMKG Kupang

"Posko informasi cuaca ini, untuk memberikan informasi cuaca baik di darat, laut dan udara selama Natal dan Tahun Baru," kata Sti Nenot`ek.
Kupang (Antara NTT) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meterologi El Tari Kupang, membuka posko informasi cuaca menjelang Natal 25 Desember 2016 dan Tahun Baru 1 Januari 2017.

Posko informasi cuaca ini, untuk memberikan informasi cuaca baik di darat, laut dan udara selama Natal dan Tahun Baru, kata Prakirawan Stamet El Tari Kupang Sti Nenot`ek kepada Antara di Kupang, Jumat, terkait informasi cuaca menjelang tutup tahun.

"Kami sudah membentuk posko informasi cuaca di BMKG Stasiun Meterologi EL Tari Kupang. Setiap hari, petugas akan selalu melaporkan setiap perkembangan cuaca di seluruh NTT," katanya.

Dia mengatakan, posko serupa juga dibuka di Bandara El Tari Kupang dengan gabungan dari beberapa instansi seperti Angkasa Pura, TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Darat, Basarnas, Dinas Perhubungan, KP3 Udara, Kesehatan Pelabuhan dan Airlines.

Khusus di kabupaten, dia mengatakan, posko informasi cuaca akan tangani oleh dinas perhubungan di masing-masing kabupaten.

Menurut dia, setiap perubahan cuaca yang terpantau akan diteruskan kepada maskapai penerbangan, perusahan pelayaran maupun transportasi darat untuk dipergunakan.

Dia berharap, pihak maskapai penerbangan, perusahan pelayaran maupun perusahan transportasi darat untuk selalu berkoordinasi dengan posko informasi cuaca untuk mengetahui perkembangan cuaca terkini.

Perusahan pelayaran misalnya, bisa melakukan penyesuaian jadwal pelayaran sesuai dengan kondisi cuaca di wilayah perairan, katanya.

"Kita harapkan, dengan adanya posko informasi cuaca ini, bisa membantu memberikan informasi yang akurat tentang perkembangan cuaca, baik di laut, udara dan darat kepada pihak-pihak yang berkepentingan," katanya.

Mengenai cuaca, dia mengatakan berdasarkan prakiraan BMKG, hingga 17 Desember 2016, umumnya cuaca berawan hingga hujan ringan.

Angin rata-rata bertiup dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 2-5 Skala Beaufort, katanya menjelaskan.