Kisah para difabel di Kupang jalankan UMKM menuju kemandirian ekonomi

id umkm ntt,penyandang disabilitas ntt,kaum difabel kupang,warga difabel pelaku umkm,umkm cafein,dekranasda ntt,ntt,Artikel ekonomi Oleh Aurelia Edonero, Aloysius Lewokeda

Kisah para difabel di Kupang jalankan UMKM menuju kemandirian ekonomi

Warga penyandang yang merupakan pelaku UMKM menggunakan bahasa tubuh untuk menyambut tamu di UMKM Cafein di Kantor Dekranasda Provinsi NTT di Kuanino, Kota Kupang, Senin (27/3/2023). (ANTARA/Aurelia Edonero)

...Di balik dukungan pemerintah, perjuangan Michelle dan rekan-rekannya di UMKM Cafein telah menunjukkan kemampuan menaklukkan keterbatasan fisik untuk mewujudkan kemandirian ekonomi melalui usaha kuliner. Mereka mampu membuktikan diri untuk dapat be
Kupang (ANTARA) - Senyum sumringah terpancar dari wajah perempuan itu kala menyambut pengunjung yang membuka pintu kaca di sebuah ruangan Gedung Dewan Kerajinan Daerah di bilangan Kuanino, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Seketika ia mengangkat tangan sebagai bahasa isyarat menerima tamu yang datang di Cafein, tempat Usaha Mikro Kecil Menengah Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menyuguhkan minuman dan makanan lokal.

Perempuan bernama Michelle Elik (23) dengan sapaan akrab Michelle menggerakkan roda usaha Cafein bersama tujuh rekannya sejak tahun 2021.

Sedari kecil, Michelle memiliki keterbatasan dalam mendengar dan berbicara (tuna rungu wicara). Itu lah sebabnya ia berinteraksi menggunakan bahasa tubuh kala menyambut setiap pengunjung.

Tak hanya Michelle, ada empat rekannya yang lain juga memiliki keterbatasan serupa. Namun, dengan kemampuan bahasa tubuh, mereka berinteraksi dan dengan cepat memahami setiap keinginan pengunjung.

Pengunjung bisa memesan makanan atau minuman dengan mengarahkan jari tangan mereka ke menu yang diinginkan pada lembaran daftar menu yang disodorkan.

Jika ada keinginan lain, pengunjung juga bisa menuliskan pada kertas yang disediakan atau pun menyampaikan secara lisan sehingga pesan mereka dapat dipahami melalui gerakan bibir.

Pelayanan yang disuguhkan Michelle dan rekan-rekannya menghadirkan pengalaman unik bagi pengunjung yang setiap hari mengunjungi Cafein dengan jumlah lebih banyak pada akhir pekan.

Sebagian pengunjung tidak hanya datang untuk menikmati kuliner, namun momentum kunjungan diisi dengan belajar menggunakan bahasa isyarat bersama Michelle dan rekan-rekan.

Bekerja sebagai pelaku UMKM di Cafein adalah penghargaan terbesar bagi Michelle. Selain bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, ia juga berinteraksi dengan banyak orang, serta belajar menghadirkan pelayanan terbaik dalam berbisnis.

Hal serupa juga dirasakan Frengky Riwu bersama tiga rekan rekan Michelle yang berkebutuhan khusus. Mereka seperti menemukan dunia mereka di Cafein sehingga terus menghargai pekerjaan yang dijalani dengan memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pengunjung. 

Kuliner lokal


UMKM Cafein tampil menyuguhkan produk unggulan berupa kopi lokal atau kopi arabika Timor yang dipasok dari wilayah Leloboko, Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang, Pulau Timor.

Kopi arabika Timor menjadi suguhan andalan karena memiliki kualitas yang sudah teruji. Kopi arabika Timor ini pernah meraih juara pertama dari 15 arabika dry terbaik ketika mengikuti kompetisi kopi terbaik Nusantara dalam ajang Jogja Coffe Week.

Di Cafein, pengunjung bisa menikmati kopi lokal itu dalam wujud sajian kopi murni maupun minuman campuran lain yang berbahan dasar kopi seperti es kopi maupun kopi susu dengan aneka rasa seperti caramel, almond, tiramisu.

Sementara itu, untuk suguhan makanan, sederet menu lokal menjadi pilihan utama seperti pisang, ubi, jagung, kacang, yang direbus, digoreng, serta dibakar.

Pemilik Cafein Kichy Jacob menuturkan minuman kopi arabika Timor tidak asal disuguhkan melainkan diseleksi melalui Laboratorium Kopi milik Dekranasda Provinsi NTT.

Proses itu yang membuat aroma dan rasa kopi tetap terjadi serta kafein dan zat ain yang terkandung dalam kopi ditakar secara terukur sehingga lebih nikmat dan aman dikonsumsi.

UMKM Cafein tidak menghadapi kendala besar dalam menyuguhkan produk bisnis kuliner karena mengandalkan bahan baku utama dari pasokan petani lokal yang mudah didapatkan.  

Tidak semua produk yang disuguhkan berupa menu lokal, namun ada pula produk minuman dan makanan lain seperti expresso, americano, long black, serta beragam makanan olahan juga disuguhkan untuk memperbanyak pilihan selera para pengunjung.

Semua produk itu disuguhkan oleh Michelle dan rekan-rekan yang telah dibekali dengan keterampilan melayani konsumen baik dari kalangan masyarakat umum maupun para pejabat pemerintahan yang berkunjung ke Kantor Dekranasda NTT.

Kichy Jacob memiliki harapan besar melalui UMKM Cafein, potensi keunggulan pangan lokal NTT dapat semakin dikenal dan diminati secara luas.

Di sisi lain, juga membuktikan bisnis kuliner berbasis pangan lokal mampu menggerakkan perekonomian tidak hanya bagi pelaku UMKM namun juga petani lokal di sisi hulu melalui penyerapan hasil komoditi.

Dukungan pemerintah

Bisnis kuliner lokal saat ini sudah banyak bermunculan sehingga mudah ditemukan saat berkunjung ke berbagai daerah di NTT. Namun UMKM Cafein memiliki keunikan tersendiri karena usaha mereka digerakkan oleh warga penyandang disabilitas.

Kondisi itu memberikan kesan tersendiri bagi setiap pengunjung yang menyaksikan bagaimana kaum penyandang disabilitas juga memiliki kesempatan yang sama dengan warga normal lain dalam menjalankan usaha ekonomi.

Kesempatan itu hadir atas dukungan Ketua Dekranasda Provinsi NTT Julie Sutrisno Laiskodar beserta jajaran yang memfasilitasi tempat usaha maupun memberikan pelatihan untuk pelayanan yang profesional.

Pemberdayaan warga penyandang disabilitas sudah menjadi bagian dari prioritas kerja Dekranasda NTT. Michelle dan rekan-rekan diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka berkarya menuju kemandirian.

Potret pemberdayaan itu tak hanya tampak di UMKM Cafein. Dalam momentum lain, warga penyandang disabilitas di NTT juga difasilitasi mempromosi kain tenun ikat yang mereka hasilkan sendiri pada ajang Presidensi G20 Indonesia pada 2022 lalu.

Baca juga: Artikel - Menyelaraskan Perppu Cipta Kerja dengan pengembangan pariwisata DIY

Penyandang disabilitas dari Sekolah Luar Biasa (SLB) di NTT dipersiapkan Dekranasda NTT untuk tampil dalam ajang tersebut melalui dua sesi yakni di Danau Toba dan di Bali melalui acara bertema "Disability Arts Festivals".

Baca juga: Artikel - Melirik potensi nanas menjadi selai premium di Labuan Bajo

Di lingkungan pemerintah provinsi, diangkatnya seorang warga penyandang disabilitas Dina Novista Noach (24) sebagai Staf Khusus Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menambah deretan upaya nyata pemerintah memberdayakan warga berkebutuhan khusus.

Baca juga: Artikel - Mengendalikan harga demi keterjangkauan pemenuhan pangan

Di balik dukungan pemerintah, perjuangan Michelle dan rekan-rekannya di UMKM Cafein telah menunjukkan kemampuan menaklukkan keterbatasan fisik untuk mewujudkan kemandirian ekonomi melalui usaha kuliner. Mereka mampu membuktikan diri untuk dapat berkarya dan turut berperan membangun daerah ketika mendapatkan kesempatan seperti warga lainnya.