Polda NTT siapkan 25 kantong parkir kendaraan tamu negara KTT ASEAN

id asean summit,polda ntt,kantung parkir,labuan bajo,manggarai barat,ntt,flores

Polda NTT siapkan 25 kantong parkir kendaraan tamu negara KTT ASEAN

Direktorat Lalu Lintas Polda NTT telah menyiapkan 25 kantung parkir untuk kendaraan tamu para kepala negara dan rombongan serta sebagai bentuk pengamanan dalam kegiatan internasional ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat. (ANTARA/HO-Polres Manggarai Barat)

Polda NTT telah menyiapkan 25 kantong parkir untuk menampung seluruh kendaraan para tamu yang hadir dalam kegiatan ASEAN Summit...
Labuan Bajo (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Nusa Tenggara Timur menyiapkan 25 kantong parkir untuk kendaraan tamu para kepala negara, rombongan delegasi, dan sebagai bentuk pengamanan dalam kegiatan internasional ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

"Polda NTT telah menyiapkan 25 kantong parkir untuk menampung seluruh kendaraan para tamu yang hadir dalam kegiatan ASEAN Summit," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai Barat Iptu Royke Weridity di Labuan Bajo, Kamis, (30/3/2023).

Beberapa kantong parkir yang telah disiapkan di antaranya Parkiran Bandara Komodo Labuan Bajo, Hotel Meruorah, Hotel Plataran, Hotel Ayana, Hotel Sudamala, Waterfront City Labuan Bajo, dan Puncak Waringin.

Dia mengatakan ada beberapa kantong parkir lain yang disiapkan guna memudahkan mobilisasi kendaraan para tamu dan kenyamanan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Dua hari sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Nusa Tenggara Timur telah melakukan pengecekan dan survei jalan. Hal itu dilakukan untuk memastikan jalan yang dilewati para tamu dalam kondisi baik.

Personel Polda NTT terus melakukan pengamanan demi kelancaran lalu lintas saat kegiatan ASEAN Summit pada bulan Mei 2023.

Royke mengimbau warga untuk tidak memarkir kendaraan di pinggir jalan pada tanggal kegiatan ASEAN Summit 2023.

Hal itu dia sampaikan karena ada beberapa ruas jalan yang tidak lebar di Labuan Bajo yang dapat menyebabkan kemacetan apabila kendaraan diparkir tidak pada tempatnya.

"Lalu lintas selama kegiatan ASEAN Summit 2023 diberlakukan normal, tidak ada penutupan jalan, kecuali perempatan atau pertigaan yang sekiranya mengganggu perjalanan dan sifatnya situasional," katanya.

Ia menjelaskan tidak ada penutupan jalan, namun kepolisian menyesuaikan dan memprioritaskan para tamu negara untuk melintas terlebih dahulu saat kegiatan tersebut.

"Kami mempersilakan tamu ASEAN Summit agar mereka nyaman dalam melaksanakan kegiatan," ungkapnya.

Untuk meningkatkan keamanan menjelang kegiatan internasional itu, Polda NTT akan melakukan operasi pengamanan terpusat yang melibatkan pemangku kepentingan lain.

"Semuanya dijaga untuk memberikan kenyamanan dan keamanan tanpa adanya ketakutan di tengah-tengah masyarakat," ujar Royke.

Baca juga: Kemenkumham NTT siapkan personel di Bandara Komodo untuk sambut KTT ASEAN

Baca juga: Ditlantas Polda NTT survei jalur yang dilewati pemimpin negara saat ASEAN Summit