Artikel - Menakar efektivitas rencana serangan balik Ukraina terhadap Rusia

id konflik rusia ukraina,serangan balik ukraina,wilayah pendudukan rusia,artikel perang Oleh M Razi Rahman

Artikel - Menakar efektivitas rencana serangan balik Ukraina terhadap Rusia

Seorang tentara Ukraina menutupi kendaraan lapis baja dengan ranting-ranting pohon di Donbass, Ukraina (12/4/2022). ANTARA/Xinhua/Diego Herrera/aa.

...Ukraina disebutkan sedang mengincar target vital milik pasukan Rusia di berbagai wilayah Ukraina yang sedang diduduki Rusia
Jakarta (ANTARA) - Sudah banyak kabar yang disiarkan beragam gerai pemberitaan di berbagai belahan dunia mengenai rencana Ukraina melakukan serangan balik terhadap pihak Rusia yang menduduki wilayahnya.

Di Amerika Serikat, CNN dalam situs resminya dalam artikel bertajuk "As Ukraine prepares counteroffensive, Russia appears in disarray" pada 2 Mei menyebutkan bahwa lini depan pasukan Ukraina sudah dipenuhi dengan pergerakan kendaraan dan serangan artileri.

Ukraina disebutkan sedang mengincar target vital milik pasukan Rusia di berbagai wilayah Ukraina yang sedang diduduki Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, masih dalam artikel tersebut, meyakinkan bahwa serangan balik pasti akan terjadi, tetapi tidak menyebutkan kapan tanggal dimulainya serangan balik tersebut.

Sedangkan di pihak Rusia, CNN menuliskan bahwa terdapat indikasi ketidaksiapan Rusia dalam menghadapi serangan balik tersebut, seperti pemecatan wakil menteri pertahanan bidang logistik.

Menurut CNN, dengan memindahkan jabatan kunci pejabatnya saat tentara mereka akan menghadapi serangan balik Ukraina, ini menandakan sedang terjadi kekacauan di internal pemerintah Rusia.

Kesimpulan dalam artikel tersebut bahwa saat-saat Ukraina akan melakukan serangan balik sudah semakin dekat, sedangkan perpecahan di internal pemerintah Rusia terus berkembang.

Adapun media dari Jerman, Deutsches Welle (DW), dalam artikel "Ukraine's counteroffensive: Goals, opportunities, risks" (yang diterjemahkan dari bahasa Jerman ke Inggris) pada 1 Mei, mengungkapkan mengapa pihak Ukraina masih dalam kondisi menunggu untuk melakukan serangan balik.

Sejumlah faktor yang terungkap, antara lain, adalah persenjataan dari pihak negara-negara Barat belum semuanya telah dikirimkan ke Ukraina.

Selain itu, pihak Ukraina juga disebut masih mengoordinasikan dan mencoba beragam formasi dalam melakukan serangan besar, bahkan melalui simulasi komputer.

Tidak bisa dilupakan juga adalah faktor kondisi cuaca yang saat ini masih belum optimal, seperti hujan yang kerap menghambat pergerakan peralatan militer berat.

Sementara itu, mengenai arah dari serangan balik Ukraina juga masih menjadi rahasia yang tersimpan erat. Beberapa pihak, menurut DW, menyatakan serangan balik kemungkinan akan dilakukan melalui daerah Zaporizhzhia di Ukraina selatan dengan tujuan menuju Semenanjung Krimea, yang dicaplok Rusia sejak 2014.

DW juga mengingatkan bahwa serangan balik dari Ukraina kemungkinan tidak akan segera menghentikan konflik antara Rusia dan Ukraina. Bahkan, sejumlah pejabat di Ukraina memperkirakan akan terjadi perang yang sangat panjang yang tidak akan berakhir hanya dengan serangan balik semata.


Serangan darat besar