ANTARA-ANSA kerja sama pertukaran berita

id kantr berita antara, kantar berita italia,kerja sama antara-ansa,kerja sama pertukaran berita

ANTARA-ANSA kerja sama pertukaran berita

Kantor Berita ANTARA dan Kantor Berita Italia ANSA melaksanakan acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Kerja Sama Pertukaran Berita yang dilaksanakan secara virtual di Jakartapada Jumat, 15 Mei 2023.  (ANTARA)

Kupang (ANTARA) - Kantor Berita ANTARA dan Kantor Berita Italia ANSA melaksanakan acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Kerja Sama Pertukaran Berita yang dilaksanakan secara virtual di Jakartapada Jumat, 15 Mei 2023. 

Direktur Pemberitaan Akhmad Munir mewakili Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat melakukan prosesi penandatanganan bersama dengan CEO Agenzia  ANSA Stefano De Alessandri.

"Ini merupakan kerja sama tukar menukar informasi di antara kedua kantor berita dan  menjadi penting bagaimana kita mengeksplorasi potensi pemberitaan Indonesia ke Italia khususnya, dan Eropa umumnya," kata Munir dalam sambutannya.

Melalui kerja sama tersebut, Munir berharap ANTARA bisa lebih banyak menggali informasi dari Italia dalam hubungan bilateralnya dengan Indonesia.

"Saya kira ini kerja sama yang makin memperkuat tukar menukar informasi sekaligus memperkuat hubungan kedua negara," tutur dia.
 
Direktur Pemberitaan Akhmad Munir menunjukkan MoU ANTARA-ANSA dalam acara penandatanganan yang berlangsung secara online, dengan disaksikan oleh Direktur Eropa 1 Kementerian Luar Negeri RI Widya Sadnovic, Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Lateri, Redaktur Pelaksana Gusti Nur Cahya Aryani dan Sekretaris Perusahaan Azhari. (ANTARA)

Sementara itu, CEO Agenzia ANSA Stefano De Alessandri menyatakan antusiasmenya untuk  dapat bermitra dengan Indonesia, yang merupakan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia.

"Kerja sama ini akan memungkinkan kami untuk meningkatkan cakupan peliputan kami di Indonesia, begitu pun sebaliknya kemitraan ini akan menawarkan lebih banyak berita tentang Italia di Indonesia," kata De Alessandri.

Dia berharap kerja sama ANSA-ANTARA bisa mendekatkan hubungan kedua negara serta memperluas potensi kerja sama lainnya.

Penandatanganan MoU tersebut juga disaksikan oleh Direktur Eropa 1 Kementerian Luar Negeri RI Widya Sadnovic, Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri RI Hartyo Harkomoyo serta Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri.

Direktur Eropa 1 Kementerian Luar Negeri RI Widya Sadnovic mengucapkan selamat atas kerja sama tersebut dan menyampaikan harapan untuk semakin berkembangnya hubungan antar kedua negara.

"Di tengah kebutuhan informasi yang cepat dan terpercaya saat ini, saya yakin kerja sama ANTARA dan ANSA dapat menjadi jembatan untuk mempererat hubungan Indonesia dan Italia," ujar Widya. 

Sedangkan acara penandatanganan yang dilakukan di kantor ANSA di Roma dihadiri juga oleh Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) KBRI Roma Lefianna Hartati Ferdinandus. 

ANTARA sebagai satu-satunya kantor berita di Indonesia memiliki jaringan distribusi luas ke seluruh penjuru Indonesia dengan 32 kantor biro serta dua biro luar negeri yakni Biro Beijing dan Biro Kuala Lumpur dan Koresponden di Jepang.

Sedangkan untuk negara-negara yang tidak memiliki biro atau koresponden, ANTARA memperkuat kerja sama dengan kantor berita lokal, misalnya dengan kantor berita Namibia NAMPA serta kantor berita Kenya KBC. 

ANTARA juga memiliki kerja sama dengan Kantor Berita China Xinhua, Kantor Berita Taiwan, WAM News Agency serta Kantor Berita Vietnam serta juga sedang menjajaki kemungkinan kerja sama dengan kantor berita-kantor berita lainnya.