Artikel - Kementerian BUMN angkat produk UMKM lewat "side event" KTT Ke-42 ASEAN

id asean,asean summit,ktt asean,labuan bajo,manggarai barat,ntt,flores,menteri bumn,bumn,rumah bumn,rumah bumn sme's hub,ke,Artikel labuan bajo Oleh Fransiska Mariana Nuka

Artikel - Kementerian BUMN angkat produk UMKM lewat "side event" KTT Ke-42 ASEAN

Produk UMKM dipamerkan dalam Rumah BUMN SME's Hub di Waterfront City Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, 9-13 Mei 2023, yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

Labuan Bajo (ANTARA) - Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tampak disibukkan dengan rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Je-42 ASEAN sejak tanggal 8 Mei sampai 11 Mei 2023.

Perhelatan internasional itu telah diawali dengan Senior Official Meeting, lalu kedatangan para delegasi, pertemuan bilateral, puncak KTT, hingga welcoming dinner.

Namun, di balik konferensi para kepala negara ASEAN di kota pariwisata itu, ada beberapa acara sampingan (side event) yang dibuat untuk menyemarakkan kegiatan besar tersebut.

Salah satunya Pameran UMKM Rumah BUMN SME's Hub di Waterfront City Labuan Bajo yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN berkolaborasi dengan beberapa kementerian dan lembaga.

Bertepatan dengan momen KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Menteri BUMN Erick Thohir memperkenalkan produk lokal UMKM daerah lewat pameran yang berlangsung selama 5 hari, terhitung mulai tanggal 9 Mei sampai 13 Mei 2023.

Sebanyak 50 pelaku UMKM telah melewati proses kurasi untuk menampilkan produk dalam side event KTT Ke-42 ASEAN itu. Dari jumlah tersebut, ada 10 UMKM lokal serta 40 UMKM binaan Rumah BUMN dan kementerian lainnya.

Produk jualan para pelaku UMKM dipamerkan dalam lapak bernuansa rumah adat Manggarai yang berjejer di kawasan Marina Labuan Bajo dari pukul 09.00 sampai 22.00 WITA. Ada produk kain tenun dan turunannya, kerajinan tangan, makanan dan minuman, serta produk-produk ramah lingkungan.

Rumah BUMN SME's Hub tidak hanya berisikan pameran UMKM. Kegiatan sampingan itu juga menampilkan seni pertunjukan, festival musik, penampilan live DJ, serta seni tradisional dan kontemporer sebagai hiburan bagi pengunjung.

Ada pula kegiatan bersih pantai yang melibatkan generasi milenial. Terakhir, pelatihan pelestarian lingkungan seperti mengolah sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis yang diberikan untuk ibu-ibu nasabah PNM Mekaar.


Dampak Ekonomi