Pemerintah bangun sarana air bersih bagi pejuang eks Timtim

id NTT,pejuang eks Timtim,pembangunan air bersih

Pemerintah bangun sarana air bersih bagi pejuang eks Timtim

Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Korinus Masneno (ANTARA/Benny Jahang)

...Kami percaya bahwa dengan sinergitas dan kolaborasi antara terkait dalam pembangunan SPAM di kawasan pemukiman warga mantan pejuang eks Timtim bisa berjalan baik
Kupang (ANTARA) -
Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya mendesain pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) air bersih di lokasi permukiman warga mantan pejuang eks Timtim di Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Pemerintah pusat sedang mendesain pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) guna mendukung penyediaan infrastruktur di kawasan permukiman warga mantan pejuang eks Timor Timur yang ada di Kabupaten Kupang," kata Bupati Kupang Korinus Masneno di Kupang, Rabu, (24/5/2023).

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Kupang berterima kasih terhadap Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT yang mulai merancang terhadap pembangunan SPAM di lokasi pemukiman para mantan pejuang eks Timtim yang berlokasi di Kecamatan Fatuleu yang dihuni 2.100 kepala keluarga.

"Kami percaya bahwa dengan sinergitas dan kolaborasi antara terkait dalam pembangunan SPAM di kawasan pemukiman warga mantan pejuang eks Timtim bisa berjalan baik,"kata Korinus Masneno.

Orang nomor satu di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse Timor Leste itu berterima kasih terhadap sejumlah pemilik lahan seperti Christian Utan, Bernat Fatutuan, Thimotius Utan dan Melkiur Lake yang telah melepaskan tanahnya kepada Pemerintah Kabupaten Kupang untuk pembangunan SPAM dalam rangka mendukung kawasan permukiman warga pejuang eks Timor Timur di Kabupaten Kupang.

Bupati Korinus Masneno berharap pembangunan SPAM harus mempedomani dokumen Rencana Induk Sistem Pengelolaan Air Minum (RISPAM) dan merupakan penjabaran dari target-target yang harus dicapai pada tahun 2024.

Kepala Seksi Wilayah I Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT, Reza Fahrur Rozi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak di Kabupaten Kupang yang mendukung terlaksananya pembangunan SPAM di kawasan permukiman warga mantan pejuang eks Timtim.

"Kami berharap pembangunan SPAM dapat berjalan dengan baik dan bagi pejuang eks Timor Timur bisa mendapatkan suplai air bersih yang sehat untuk kebutuhan konsumsi warga," kata Reza Fahrur Rozi .


Baca juga: Kementerian PUPR bangun 2.100 rumah warga eks Timor Timur di Kupang

Baca juga: Eurico Gutteres ingatkan warga eks Timtim jaga kerukunan