ASEAN dan Korea Selatan tingkatkan kerja sama atasi terorisme

id ammtc,asean,indonesia,korea selatan

ASEAN dan Korea Selatan tingkatkan kerja sama atasi terorisme

Konsultasi AMMTC ke-4 dengan Korea Selatan (ROK) pada rangkaian pertemuan AMMTC ke-17 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Selasa (22/8/2023). (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri)

Dialog sektoral antara ASEAN dan Korea Selatan sendiri telah terjalin sejak 1989...
Labuan Bajo (ANTARA) - Pertemuan negara ASEAN dan Korea Selatan merupakan langkah penting dalam upaya memerangi kejahatan transnasional dan meningkatkan keamanan regional sebagaimana yang dibahas dalam Konsultasi AMMTC ke-4 dengan Korea Selatan (ROK) pada rangkaian pertemuan AMMTC ke-17 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Kamis, (24/8/2023) Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Inspektur Jenderal Polisi Krishna Murti menjelaskan pertemuan itu menjadi ajang pertukaran pandangan tentang kerja sama ASEAN dan Korea Selatan dan berfokus pada implementasi Rencana Kerjasama SOMTC-ROK yang diperpanjang untuk mencegah dan memerangi Kejahatan Transnasional (2023-2025).

Pejabat tinggi Korea Selatan memimpin diskusi bersama dengan Vietnam sebagai negara koordinator pada pertemuan konsultasi ini, sementara Negara-Negara Anggota ASEAN memberikan masukan dan tanggapan mereka. Diskusi juga bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan mengatasi kejahatan transnasional sesuai dengan Rencana Aksi ASEAN-ROK 2021-2025.

Selanjutnya ASEAN + ROK mengeluarkan Pernyataan Bersama yang menguraikan hasil diskusi-diskusi, kesepakatan, dan komitmen yang dibuat selama Konsultasi AMMTC + ROK ke-4. Pernyataan ini mencerminkan tujuan bersama dan upaya kolaboratif antara ASEAN dan ROK. Peserta juga menyepakati Konsultasi AMMTC + ROK ke-5 selanjutnya akan berlangsung di Laos pada 2024.

Konsultasi AMMTC + ROK ke-4 telah menjadi platform untuk diskusi, memperkuat kerja sama, dan berkoordinasi upaya bersama anggota ASEAN dan Korea Selatan dalam memerangi kejahatan transnasional dan meningkatkan keamanan regional.

Baca juga: ASEAN - Jepang sepakati rencana kerja tangani kejahatan transnasional

Dialog, pengadopsian dokumen penting, dan perencanaan ke depan mencerminkan pentingnya konsultasi ini dalam mencapai tujuan dan objektif ASEAN dan Korea Selatan dalam kerja sama penanggulangan kejahatan transnasional.

Baca juga: Indonesia serahkan keketuaan AMMTC ke-18 ke Laos

Dialog sektoral antara ASEAN dan Korea Selatan sendiri telah terjalin sejak 1989. Sementara dialog pertama antara negara ASEAN dan Korea Selatan untuk memerangi terorisme dan kejahatan lintas negara lainnya pertama kali diadakan pada 2019.