Polres Kupang gelar operasi antisipasi karhutla

id NTT,kebakaran hutan,kebakaran lahan,kabupaten kupang

Polres Kupang gelar operasi antisipasi karhutla

Kepala Kepolisian Resor Kupang Polda Nusa Tenggara Timur AKBP Anak Agung Gede Anom Wirata (ANTARA/Benny Jahang)

...Kami tidak akan kompromi dengan para pelaku, kelompok maupun korporasi yang secara sengaja melakukan pembakaran hutan di wilayah Kabupaten Kupang
Kupang (ANTARA) - Kepolisian Resort Kupang Polda Nusa Tenggara Timur mulai mengelar Operasi Bina Karuna Turangga 2023 guna mengantisipasi terjadinya kasus kebakaran hutan dan lahan di wilayah setempat selama musim kemarau.

"Dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polres Kupang, sehingga perlu dilaksanakan operasi rutin kepolisian untuk
mencegah, meminimalisasi dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Kupang," kata Kepala Kepolisian Resor Kupang AKBP Anak Agung Gede Anom Wirata di Kupang, Selasa, (29/8/2023).

Ia mengatakan operasi Bina Karuna Turangga 2023, tidak hanya dilakukan anggota Kepolisian, tetapi juga melibatkan semua unsur terkait seperti TNI, Basarnas, BPBD dan Satpol PP.

Menurut Anak Agung Gede Anom Wirata, rapat koordinasi dan latihan praoperasi Bina Karuna Turangga 2023, telah dilaksanakan pada Senin (28/8) di Polres Kupang.

Ia mengatakan Operasi Bina Karuna Turangga 2023, untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sebagai akibat dari adanya kemarau panjang.

Menurut dia, upaya antisipasi terjadinya kebakaran sangatlah penting, karena apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan dapat berdampak luas bagi kehidupan masyarakat.

"Kami berharap masyarakat Kabupaten Kupang juga ikut mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan tidak membuka lahan dengan cara membakar , apalagi dalam kondisi angin kencang serta suhu udara yang panas dapat memudahkan api menjalar dengan cepat," kata Kapolres.

Ia menambahkan dampak yang terjadi akibat kebakaran hutan selama ini cukup memprihatinkan, karena ikut merusak lingkungan alam yang ada di sekitar lokasi kebakaran.

Baca juga: Camat di Flores Timur imbau warga waspada karhutla

Mantan Kapolres Sumba Barat itu mengatakan akan menindak tegas terhadap setiap orang atau kelompok maupun korporasi yang melakukan pembakaran, baik hutan maupun lahan dengan sengaja.

Baca juga: BMKG ingatkan warga lima kecamatan di Mabar waspada karhutla

"Kami tidak akan kompromi dengan para pelaku, kelompok maupun korporasi yang secara sengaja melakukan pembakaran hutan di wilayah Kabupaten Kupang," kata Kapolres Kupang.