Paguyuban Lamaholot dukung Ayodhia Kalake sebagai Penjabat Gubernur NTT

id pejabat gubernur,ayodya kalake,lamaholot

Paguyuban Lamaholot dukung Ayodhia Kalake sebagai Penjabat Gubernur NTT

Tokoh Lamaholot di Kupang, Piter Manuk (ANTARA/Bernadus Tokan)

...Ayo mari kita memberikan dukungan dan menciptakan suasana yang teduh sehingga penjabat gubernur dengan otoritas dan akses yang dimiliki bisa melakukan kerja-kerja secara terukur bagi rakyat NTT
Kupang (ANTARA) - Paguyuban Lamaholot, sebutan untuk warga dari lima watan yang meliputi Watan Lembata, Solor, Adonara dan sebagian Pulau Alor diaspora Kupang, Nusa Tenggara Timur, mendukung Ayodhia Kalake sebagai Penjabat Gubernur NTT untuk satu tahun ke depan.

"Sebagai warga Lamaholot tentu kita berbangga hati atas penunjukan Ayodhia Kalake sebagai Penjabat Gubernur NTT. Kita juga menyampaikan proficiat dan selamat bertugas di NTT. Sebagai tokoh Lamaholot di Kupang, kami juga mengajak seluruh rakyat NTT untuk memberi dukungan penuh kepada Ayodhia untuk menata NTT sesuai kewenangannya," kata sesepuh Lamaholot di Kupang yang juga Ketua Watan Lembata, Pieter Sinun Manuk, di Kupang, Selasa, (5/9/2023).

Ayodhia Kalake adalah Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Pria berdarah Adonara, Flores Timur, itu lahir dan besar di Bandung, Jawa Barat.

Menurut dia, siapapun yang telah ditunjuk Presiden Joko Widodo harus diberikan dukungan penuh. Apalagi di tengah situasi NTT yang masih serba kekurangan.

"Ayo mari kita memberikan dukungan dan menciptakan suasana yang teduh sehingga penjabat gubernur dengan otoritas dan akses yang dimiliki bisa melakukan kerja-kerja secara terukur bagi rakyat NTT," katanya.

Dia juga meminta agar rakyat di provinsi berbasis kepulauan NTT tidak memberikan tuntutan yang terlalu berlebihan kepada penjabat gubernur karena hanya satu tahun memimpin NTT.

"Biarkan Ayodia bekerja membenahi NTT. Jangan memberikan tuntutan terlalu berlebihan agar ia bisa bereksperimen untuk hal-hal baru bagi NTT. Sebagai Sekretaris Menko Manives, tentu Pak Ayodhia punya akses yang bisa dimaksimalkan untuk membangun NTT," katanya.

Mantan birokrat tulen itu juga mengajak seluruh rakyat NTT untuk memberikan dukungan berupa pikiran atau gagasan, termasuk juga kritik agar Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake bisa bekerja optimal bagi kemajuan NTT.

Baca juga: Wagub Nae Soi harap pj gubernur NTT bisa bersinergi lanjutkan program

"Dampak pandemi COVID-19 masih terasa hingga saat ini dan kita berharap penjabat gubernur dengan akses yang dimiliki dapat memberikan dampak bagi NTT yang lebih baik," tambahnya.

Secara khusus, dia juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur NTT Yoseph Nae Soi yang telah memimpin NTT selama lima tahun terakhir dan menyelesaikan tugas-tugas pembangunan dan pelayanan masyarakat dengan baik.

Baca juga: DPRD NTT hormati putusan presiden tunjuk Ayodhia Kalake pj gubernur

"Jika ada nerasi yang kurang berkenan dalam memandang kepemimpinan Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur NTT Yoseph Nae Soi selama lima tahun ini diharapkan dapat dipahami secara positif sebagai bagian dari dinamika bermasyarakat," katanya menambahkan.