Dukcapil- PMI Mabar kerja sama periksa golongan darah gratis

id Dinas Dukcapil Manggarai Barat,PMI Manggarai Barat,Periksa Darah Gratis,Valentinus Andi,Yosef Suhandi,Manggarai Barat

Dukcapil- PMI Mabar kerja sama periksa golongan darah gratis

Kepala Dinas Dukcapil Mabar Valentinus Andi (kiri) dan Ketua PMI Mabar Yosep Suhandi (kanan) foto bersama usai penandatanganan PKS tentang Pelayanan Pemeriksaan Golongan Darah Bagi Masyarakat Kabupaten Mabar. (ANTARA/HO-Humas Kominfo Manggarai Barat)

...Ada masyarakat yang datang membutuhkan pelayanan di Dinas Dukcapil, ketika ditanya oleh petugas dukcapil mengenai golongan darahnya, langsung saja dijawab A, B, O atau AB padahal belum diperiksa golongan darahnya
Labuan Bajo (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Manggarai Barat menandatangani perjanjian kerja sama tentang pelayanan pemeriksaan golongan darah gratis bagi masyarakat kabupaten tersebut bertempat di kantor Dinas Dukcapil setempat.

Perjanjian kerja sama yang ditandatangani pada 4 Januari 2023 ini untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan sekaligus pemeriksaan golongan darah, sehingga langsung diisi dalam elemen data sesuai golongan darahnya.

"Terima kasih kepada PMI Manggarai Barat untuk kerja sama dalam melengkapi elemen data kependudukan, karena begitu banyak masyarakat Manggarai Barat yang belum mengetahui golongan darahnya, sehingga seringkali ditemui pada KTP-el dan Kartu Keluarga (KK), elemen data golongan darahnya tidak terisi atau kosong," kata Kepala Dinas Dukcapil Manggarai Barat Valentinus Andi dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat, (5/1/2024).

Menurut dia, ada kecenderungan masyarakat yang datang mengurus KTP atau KK menerka-nerka dalam mengisi elemen data kependudukan, terutama terkait golongan darah tanpa terlebih dahulu melakukan pemeriksaan.

“Ada masyarakat yang datang membutuhkan pelayanan di Dinas Dukcapil, ketika ditanya oleh petugas dukcapil mengenai golongan darahnya, langsung saja dijawab A, B, O atau AB padahal belum diperiksa golongan darahnya," jelasnya.

Dia menjelaskan kerja sama ini membantu masyarakat agar tidak harus mendatangi PMI atau fasilitas kesehatan lainnya untuk mengecek golongan darahnya, tetapi bisa dilayani di Dinas Dukcapil pada hari Senin setiap minggunya.

Dia berharap elemen golongan darah sesuai hasil pemeriksaan yang terisi sesuai pemeriksaan maka kedepannya KTP masyarakat Manggarai Barat bisa berfungsi sebagai kartu golongan darah yang bisa digunakan pada fasilitas kesehatan ketika masyarakat lainnya membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Terutama saat dalam situasi darurat yang membutuhkan transfusi darah," katanya.

Sementara itu, Ketua PMI Manggarai Barat Yosep Suhandi mengatakan pelayanan pemeriksaan golongan darah gratis ini merupakan salah satu terobosan agar masyarakat bisa mengetahui golongan darah dan mendapatkan kartu golongan darah.

Sehingga, lanjut dia, memudahkan masyarakat untuk bisa mendapatkan jejaring golongan darah jika berada dalam situasi darurat dan membutuhkan transfusi darah.

Dijelaskannya bahwa dari pemeriksaan golongan darah ini, PMI Manggarai Barat akan melakukan pemetaan golongan darah sesuai dengan alamat desa, kelurahan dan kecamatan.

“Pelayanan ini dilakukan secara gratis atau tanpa pembebanan biaya kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Kapolres Mabar cek kesiapan peralatan SAR antisipasi bencana

Dia menjelaskan bahwa secara teknis PMI Manggarai Barat sudah mengatur jadwal bagi petugas yang akan melayani pemeriksaan golongan darah di Dinas Dukcapil sekali dalam seminggu setiap hari Senin, dan apabila hari Senin bertepatan dengan hari Libur, maka pelayanan pemeriksaan golongan darah akan dipindahkan ke hari berikutnya.

Baca juga: KPU Mabar tunggu pengiriman kekurangan 4.615 surat suara
Baca juga: Bupati Mabar ingatkan pejabat hilangkan ego dalam bekerja
Baca juga: Pemkab Manggarai Barat catat kunjungan wisatawan nusantara meningkat


"Intinya bahwa PMI akan tetap melayani pemeriksaan golongan darah sekali seminggu di Dinas Dukcapil pada hari kerja," tegasnya.