Sebanyak 2.678 personel gabungan diturunkan amankan demo di DPR-MPR

id Demo dpr,pemilu 2024

Sebanyak 2.678 personel gabungan diturunkan amankan demo di DPR-MPR

Suasana ribuan pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa se-Jabodetabek dan Pemuda Indonesia Center (PIC) menggelar aksi penolakan hak angket dan penolakan terhadap pemakzulan presiden di depan Gedung DPR/DPD/MPR RI, Jakarta, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Handout/aa.

...Dalam rangka pengamanan aksi elemen masyarakat di depan gedung DPR/MPR RI, kami melibatkan 2.678 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan Instansi terkait, kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol

Jakarta (ANTARA) - Polisi menerjunkan sebanyak 2.678 personel gabungan di depan gedung DPR MPR RI Gatot Subroto, Jakarta Pusat untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang dilakukan elemen masyarakat pada Jumat.

"Dalam rangka pengamanan aksi elemen masyarakat di depan gedung DPR/MPR RI, kami melibatkan 2.678 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan Instansi terkait,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro di Jakarta, Jumat, (8/3/2024).

Susatyo menjelaskan personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik di sekitar DPR/MPR RI. Dia juga mengatakan aksi unjuk rasa hari ini, sudah diantisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan mencegah massa aksi masuk ke dalam kawasan DPR/MPR RI.

Sementara itu penutupan atau pengalihan arus lalu lintas di sekitar DPR/MPR RI situasional. Rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika situasi di lapangan.

"Kita lihat nanti jumlah massa, bila nanti di depan DPR/MPR RI cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke depan gedung DPR/MPR RI akan kami alihkan, penyekatan di Pulau Dua. Kendaraan dari jalur dalam tol yang akan menuju pintu keluar tol di depan DPR/MPR RI kami tutup dan diluruskan ke arah Slipi," kata Susatyo.

Susatyo menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan serta humanis.

"Kami menghimbau kepada para korlap dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa. Lakukan aksi unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan lain yang akan melintas di depan Gedung DPR/MPR RI," ujar Susatyo.

Dengan persiapan dan kesiapan pengamanan yang sudah dilakukan, dia pun menghimbau kepada semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan aksi unjuk rasa nanti dapat berjalan dengan aman, tertib dan kondusif.

Baca juga: PPP bilang ada dorongan menjadi oposisi pemerintahan baru
Baca juga: Peneliti Siti Zuhro sebut hak angket bisa jadi ajang buktikan kecurangan
Baca juga: Haidar Alwi nilai wacana hak angket berpotensi timbulkan protes dari rakyat










 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polisi turunkan 2.678 personel gabungan untuk amankan demo di DPR-MPR