Imigrasi Labuan Bajo layani 15 kapal pesiar selama bulan Januari-Maret 2024

id Kantor Imigrasi Labuan Bajo,Kantor Imigrasi Kelas II TPI Labuan Bajo, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Labuan Bajo, J

Imigrasi Labuan Bajo layani 15 kapal pesiar selama bulan Januari-Maret 2024

Sebuah kapal pesiar yang berlabuh di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). (ANTARA/HO-Kantor Imigrasi Labuan Bajo)

Ini merupakan hal sangat positif bagi iklim pariwisata di Indonesia khususnya bagi masyarakat Labuan Bajo...
Labuan Bajo (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Labuan Bajo, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT) melayani sebanyak 15 kapal pesiar selama Januari-Maret 2024.

"Tercatat sebanyak 11.912 penumpang Warga Negara Asing (WNA) tiba di Pulau Komodo dan Pulau Rinca menggunakan kapal pesiar tersebut," kata Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Labuan Bajo Oktavianus Malisan dalam keterangan yang diterima, Sabtu (16/3/2024).
 
Oktavianus menjelaskan belasan kapal pesiar itu membawa serta sebanyak 6.865 orang awak kapal.
 
Oktavianus menambahkan kapal-kapal pesiar tersebut kebanyakan datang dari negara Australia diikuti Timor Leste, Papua Nugini (PNG) dan Malaysia.
 
“Ini merupakan hal sangat positif bagi iklim pariwisata di Indonesia khususnya bagi masyarakat Labuan Bajo” katanya.
 
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Labuan Bajo menjelaskan Kantor Imigrasi Labuan Bajo memiliki Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Laut sehingga bertugas melaksanakan pemeriksaan keimigrasian (Immigration Clearance) terhadap seluruh penumpang dan awak kapal pesiar yang datang di Labuan Bajo.
 
“Untuk memudahkan penumpang kapal pesiar yang berlabuh di Labuan Bajo Kantor Imigrasi Labuan Bajo juga melakukan pemeriksaan langsung di atas kapal," katanya.
 
Pemeriksaan langsung di atas kapal, lanjut dia, yakni melalui program Immigration On Shipping sehingga akan mempersingkat waktu dan memangkas antrean pada area kedatangan pelabuhan," katanya.

Baca juga: Kantor Imigrasi Labuan Bajo raih penghargaan Jusuf Adiwinata Award

Baca juga: Kemenag siapkan keberangkatan calon haji Mabar

Baca juga: Imigrasi Labuan Bajo gelar pelayanan paspor simpatik bagi calon haji

Baca juga: Imigrasi Labuan Bajo permudah pelayanan WNA lewat Si Cantik Curhat






 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Imigrasi Labuan Bajo layani 15 kapal pesiar selama Januari-Maret 2024