KONI NTT andalkan cabor bela diri di PON 2024

id NTT,KONI NTT,KOta Kupang,PON 2024

KONI NTT andalkan cabor bela diri di PON 2024

Ketua KONI NTT Josef Nae Soi (kedua kanan) didamping Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake (ketiga kanan) saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Kupang, Rabu (17/4). ANTARA/Kornelis Kaha

...Prioritas kita adalah cabang olahraga Kempo, pokoknya yang cabang olahraga bela diri itu NTT nomor satu, kata Ketua KONI NTT Josef Nae Soi di Kupang, Rabu, (17/4/2024)
Kupang (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Nusa Tenggara Timur mengandalkan cabang olahraga bela diri untuk meraih medali dalam turnamen Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang akan digelar di Medan dan Aceh pada September mendatang.

"Prioritas kita adalah cabang olahraga Kempo, pokoknya yang cabang olahraga bela diri itu NTT nomor satu," kata Ketua KONI NTT Josef Nae Soi di Kupang, Rabu, (17/4/2024).

Hal ini disampaikannya usai pertemuan dengan Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake di kantor Gubernur NTT untuk membahas soal dukungan Pemprov NTT dalam mendukung atlet NTT dalam turnamen olahraga empat tahunan itu.

Dia mengatakan bahwa ada sekitar 70 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam turnamen tersebut, salah satunya Kempo yang setiap kali PON NTT selalu mendulang emas dari turnamen itu.

Selain Kempo ada juga tinju, Karate, pencak silat, Muathay serta beberapa cabang olahraga bela diri lainnya yang menurut dia mampu memberikan medali bagi NTT.

"Kriket juga saya kira ada harapan," ujar mantan Wakil Gubernur NTT itu.

Untuk kriket sendiri pada PON 2021 di Papua lalu, tim Kriket NTT berhasil mendapatkan medali perak dan hal tersebut merupakan hal positif bagi NTT.

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake juga mengatakan bahwa potensi untuk mendapatkan medali pasti ada dalam PON 2024 yang mana Medan dan Aceh jadi tuan rumah kali ini.

"Kita memang kuat di olahraga bela diri contohnya Kempo, jadi dari 35 atlet Kempo yang ikut pra PON 33nya dinyatakan lolos jadi bisa dibayangkan potensi untuk mendapatkan medali itu sangat besar," ujar dia.

Dia berharap agar para atlet yang akan berangkat mempersiapkan diri secara mental dan fisik secara baik, sehingga pada saatnya nanti bisa bertanding dengan baik.

Sehingga bisa mendapatkan prestasi dan mendapatkan medali serta mengharumkan nama NTT di tingkat nasional.

Baca juga: NTT siapkan 182 atlet untuk ikut PON 2024 Aceh dan Sumut

Untuk atlet Kempo sendiri ada tiga atlet NTT yang kini menjadi juara dunia di Kejuaraan Dunia Shorinji Kempo Tahun 2023 lalu.


Baca juga: Sepak bola - Jambi telan kekalahan saat uji coba Pra-PON lawan NTT

Dia pun berharap dukungan dan doa masyarakat NTT agar para atlet NTT bisa berprestasi dalam turnamen empat tahunan itu.