Portugal melaju ke babak 16 besar Euro 2024

id Timnas Portugal,Timnas Turki,Euro 2024,Grup F Euro 2024,Bernardo Silva,Samet Akaydin,Bruno Fernandes,Timnas Georgia,Timn

Portugal melaju ke babak 16 besar Euro 2024

Tangkapan layar pemain Timnas Portugal tampil dalam sesi pemotretan untuk skuad Euro 2024, Jakarta, Jumat (19/4/2024, 11.50 WIB). ANTARA/Instagram/@portugal/Donny Aditra

...Pada pertandingan ini kemenangan Portugal hadir berkat gol-gol dari Bernardo Silva, Samet Akaydin (bd) dan Bruno Fernandes, demikian catatan UEFA
Jakarta (ANTARA) - Timnas Portugal melaju ke babak 16 besar Euro 2024 setelah menghantam Timnas Turki dengan skor 3-0 pada pertandingan kedua Grup F di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Minggu, (23/6) dini hari WIB.
 
Pada pertandingan ini kemenangan Portugal hadir berkat gol-gol dari Bernardo Silva, Samet Akaydin (bd) dan Bruno Fernandes, demikian catatan UEFA.
 
Hasil ini membuat Portugal nyaman berada di peringkat pertama klasemen sementara Grup F Euro 2024 dengan enam poin dari dua pertandingan, sedangkan Turki tertahan di posisi kedua dengan tiga poin.
 
Pada babak pertama Portugal mengambil inisiatif menyerang terlebih dan menciptakan peluang lewat sundulan Cristiano Ronaldo yang masih menyamping dari gawang Turki.
 
Portugal akhirnya mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 21 lewat tendangan kaki kiri Bernardo Silva sehingga skor berubah menjadi 1-0.
 
Sukses unggul terlebih dahulu, Portugal semakin bersemangat menekan lini pertahanan Turki dan kembali menciptakan peluang lewat tendangan Bruno Fernandes yang masih menyamping dari gawang Turki.
 

Portugal mampu menambah keunggulannya menjadi 2-0 setelah pemain Turki Samet Akaydin melakukan gol bunuh diri karena koordinasi yang buruk dengan kiper Altay Bayindir pada menit 28.

Selanjutnya Turki berusaha bangkit dan berbalik memberikan ancaman lewat tendangan Kerem Akturkoglu yang masih dapat dihalau kiper Portugal Diogo Costa.

Pada sisa waktu babak pertama, kedua tim saling melakukan jual beli serangan, namun hingga turun minum tak ada gol yang tercipta sehingga skor 2-0 untuk keunggulan Portugal tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Turki berupaya untuk memperkecil ketertinggalannya, namun kembali kebobolan karena kesalahan lini belakangannya lewat gol Bruno Fernandes yang memanfaatkan umpan Cristiano Ronaldo sehingga skor berubah menjadi 3-0 pada menit 56.


Selanjutnya Turki berbalik memberikan ancaman lewat tendangan dari luar kotak penalti Orkun Kokcu, akan tetapi bola dapat diamankan oleh Diogo Alves.

Turki kembali berusaha untuk membobol gawang Diogo Alves, kali ini lewat tendangan Kenan Yildiz, namun bola masih melambung jauh dari gawang Portugal.
 
Skuad asuhan Vicenzo Montella terus berupaya untuk setidaknya memperkecil ketertinggalannya dan Portugal sesekali melancarkan serangan, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 3-0 untuk Selecao tetap bertahan.
Selanjutnya Portugal akan menghadapi Georgia pada pertandingan terakhir Grup F Euro 2024, Kamis, (24/6), sedangkan Turki akan melakoni partai hidup mati kontra Republik Ceko, di hari yang sama.

Baca juga: Piala Eropa - Laga Belanda vs Prancis berakhir imbang

Baca juga: Piala Eropa 2024 - Spanyol susul Jerman amankan tiket babak 16 besar

Baca juga: Skotlandia ingin menebus kekalahan saat jumpa Swiss









Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hantam Turki 3-0, Portugal melaju ke babak 16 besar Euro 2024