KPU Mabar gelar debat publik perdana paslon

id KPU Mabar, KPU Manggarai Barat, debat, Pilkada, Pilkada 2024,NTT

KPU Mabar gelar debat publik perdana paslon

Suasana debat perdana paslon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat pada Pilkada 2024, di Labuan Bajo, Rabu (15/10/2024) malam. ANTARA/Gecio Viana

Kegiatan debat ini merupakan tindak lanjut Pasal 19 Peraturan KPU Nomor 13 tahun 2024 tentang kampanye...
Labuan Bajo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar debat publik atau debat terbuka perdana bagi pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, di Labuan Bajo, Rabu, (16/10) malam.

"Kegiatan debat ini merupakan tindak lanjut Pasal 19 Peraturan KPU Nomor 13 tahun 2024 tentang kampanye," kata Ketua KPU Manggarai Barat Ferdiano Sutanto Parman dalam sambutannya, di Labuan Bajo, Rabu malam.

Pria yang akrab disapa Ano Parman itu mengharapkan para paslon tersebut agar dapat memanfaatkan ruang debat tersebut sebaik mungkin sebagai sarana kampanye.

"Untuk meyakinkan pemilih dengan visi misi dan program kerjanya masing-masing," katanya.

Dalam debat perdana paslon Bupati-Wabup Manggarai Barat mengusung tema "Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pariwisata Terintegrasi".

"Kami ingin atensi publik untuk menyimak acara debat pertama ini sebagai landasan atau referensi untuk membuat keputusan politik pada tanggal 27 November 2024," ujarnya.

KPU Manggarai Barat selanjutnya akan menggelar debat publik kedua pada 20 November 2024 mendatang.

Sebelumnya, KPU Manggarai Barat telah menetapkan paslon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat, yakni nomor urut satu (1) pasangan Christo Mario Y Pranda dan Richardus Tata Sontani (Mario-Richard) yang didukung PAN, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Perindo, PKN, Partai Buruh, PSI, Partai Gelora dan Partai Umat, dengan total suara sah sebanyak 52.075 suara.

Baca juga: KPU Mabar gencarkan sosialisasi pilkada bagi pemilih pemula
 
Dan, nomor dua (2) pasangan Edistasius Endi-Yulianus Weng.(Edi-Weng) didukung Partai Nasdem, PKS, PBB, PDIP, PKB, PPP dan Partai Gerindra, dengan total suara sah sebanyak 92.826 suara.

Baca juga: KPU sebut dua bapaslon bupati-wabup Mabar jalani pemeriksaan kesehatan