KPU Mabar gencarkan sosialisasi pilkada bagi pemilih pemula

id KPU Manggarai Barat, pemilih pemula, Pilkada, NTT, pelajar, mahasiswa

KPU Mabar gencarkan sosialisasi pilkada bagi pemilih pemula

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU Manggarai Barat Azis. ANTARA/Gecio Viana

Nanti kami juga delegasikan ke teman-teman PPK untuk lakukan sosialisasi sehingga lebih efektif...
Labuan Bajo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU), Nusa Tenggara Timur (NTT), menggencarkan sosialisasi bagi mahasiswa dan pelajar tingkat sekolah menengah atas (SMA) guna menjadi pemilih pemula yang cerdas dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.
 
"Pemilih pemula ini belum terkontaminasi kepentingan-kepentingan politik, artinya memang sangat penting untuk diarahkan menjadi pemilih cerdas," kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU Manggarai Barat Azis di Labuan Bajo, Rabu.
 
Azis menambahkan pihaknya telah melakukan sosialisasi pilkada bagi para mahasiswa di Politeknik ElBajo Commodus Labuan Bajo dan pelajar tingkat SMA dari empat sekolah di empat kecamatan yakni Kecamatan Lembor, Lembor Selatan, Welak dan Boleng.
 
"Materi yang disampaikan adalah peran pemilih pemula, partisipasi pemilih pemula serta bagaimana menjadi pemilih cerdas," ujarnya.
 
Jumlah pemilih pemula dalam Pilkada 2024 sebesar dua persen dari daftar pemilih tetap (DPT) atau sebanyak 4.493 orang dan tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat.
 
Aziz menyampaikan pentingnya pemilih pemula atau kaum muda terlibat dalam Pilkada untuk kemudian akan berdampak pada kualitas demokrasi dan kesejahteraan masyarakat.
 
"Pemilih pemula yang dalam hal ini adalah generasi muda merupakan elemen penting sebagai generasi penerus bangsa, peran kaum muda sangat strategis dalam Pilkada karena dianggap sebagai alat rotasi kekuasaan dan rekrutmen pemimpin yang demokratis," tuturnya.
 
Sosialisasi bagi pemilih pemula di kecamatan lainnya, kata dia, akan dilakukan setelah pleno terbuka penetapan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Manggarai Barat serta deklarasi kampanye damai di Labuan Bajo.
 
"Nanti kami juga delegasikan ke teman-teman PPK untuk lakukan sosialisasi sehingga lebih efektif," ucapnya.
 
Sebelumnya KPU Manggarai Barat telah menetapkan DPT dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota sejumlah 199.749 pemilih, dengan jumlah pemilih laki-laki sebanyak 99.214 orang dan pemilih perempuan sebanyak 100.535 yang menyebar di 587 TPS di 169 Desa/Kelurahan dan 12 Kecamatan se-Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga: KPU Mabar deklarasi kampanye damai bersama dua paslon

Baca juga: KPU Mabar NTT terima pendaftaran Mario-Richard