Korem 161/WS gelar latihan penanggulangan bencana alam di Kupang

id NTT,latihan kebencanaan,Kota Kupang,korem,dandrem

Korem 161/WS gelar latihan penanggulangan bencana alam di Kupang

Latihan lapangan penanggulangan bencana alam gempa bumi dan tsunami di Kota Kupang. ANTARA/HO-Penrem 161/WS

...Tujuan latihan ini adalah meningkatkan kemampuan komandan dan staf Korem 161/Wira Sakti dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerja sama, dan koordinasi dalam pengambilan keputusan
Kupang (ANTARA) - Korem 161/Wira Sakti menggelar latihan lapangan penanggulangan bencana alam gempa bumi dan tsunami di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, guna mengantisipasi terjadinya bencana alam di daerah itu.

Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Riko Haryanto di Kupang, Selasa, (15/10) mengatakan bahwa latihan lapangan penanggulangan bencana alam ini merupakan bagian dari mekanisme pembinaan satuan yang dilaksanakan TNI AD.

“Tujuan latihan ini adalah meningkatkan kemampuan komandan dan staf Korem 161/Wira Sakti dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerja sama, dan koordinasi dalam pengambilan keputusan,” katanya.

Selain itu, juga sebagai bagian dari pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu posko serta komando dan pengendalian operasi bersama pemerintah dan lembaga nonpemerintah dalam menghadapi permasalahan bencana alam di wilayah.

Dia menambahkan bahwa pada latihan ini akan divisualisasikan bagaimana Korem 161/Wira Sakti memitigasi dampak bencana alam, yang dalam pelaksanaannya Korem 161/Wira Sakti bersinergi dengan pemerintah daerah, Polda, instansi terkait, dan stakeholder lainnya secara terpadu.

Asisten Latihan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Mayjen TNI Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar saat meninjau latihan tersebut mengatakan bahwa selama mengikuti latihan tentunya para peserta diharapkan dapat memahami dan menguasai berbagai materi.

Dengan demikian, para peserta diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan serta kecepatan bergerak yang tinggi guna membantu pemda dalam melaksanakan penanggulangan akibat bencana alam gempa bumi secara berhasil dan berdaya guna.

“Hal ini saya sampaikan mengingat keberhasilan dari pelaksanaan tugas ditentukan oleh kesempurnaan latihan sesuai prosedur mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran. Selanjutnya, kaji ulang serta evaluasi yang telah dilaksanakan sebagai penyempurnaan Latihan Lapangan yang akan datang maupun dalam pelaksanaan tugas,” ujarnya.


Baca juga: TNI AD gelar TMMD di dua kabupaten di NTT

Baca juga: Warga perbatasan RI-Timor Leste serahkan senjata M16 A1 ke TNI AD




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Korem 161 gelar latihan penanggulangan bencana alam di Kupang