Untuk memenuhi kebutuhan daging nasional, Kota Kupang pasok 300 ekor sapi potong

id sapi potong

Untuk memenuhi kebutuhan daging nasional, Kota Kupang pasok 300 ekor sapi potong

Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man sedang melihat dari dekat kondisi sapi potong milik para peternak di Kota Kupang, Rabu (26/6/2019) lalu. (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Pemerintah Kota Kupang, akan memasok sebanyak 300 ekor sapi potong untuk memenuhi kebutuhan daging segar bagi warga masyarakat di DKI Jakarta serta sejumlah daerah lainnya di Pulau Jawa.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, akan memasok sebanyak 300 ekor sapi potong untuk memenuhi kebutuhan daging segar bagi warga masyarakat di DKI Jakarta serta sejumlah daerah lainnya di Pulau Jawa.

Kepala Dinas Pertanian Kota Kupang, Obed Kadji kepada ANTARA di Kupang, Selasa (2/7), mengatakan pengiriman 300 ekor sapi potong ini dilakukan sesuai kuota yang ditetapkan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Obed Kadji optimistis kuota pengiriman sapi potong dari Kota Kupang sebanyak 300 ekor itu akan terpenuhi karena populasi sapi di daerah ini masih cukup banyak.

Menurut dia, populasi ternak di ibu kota provinsi berbasis kepulauan ini terus meningkat karena pola peternakan yang dilakukan peternak tradisional sudah mulai menggunakan sistem paronisasi guna mendapatkan sapi potong yang berkualitas.

Dikatakannya, populasi sapi potong di Kota Kupang hingga saat ini telah mencapai 6.500 ekor yang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan daging sapi segar di Pulau Jawa maupun kebutuhan masyarakat Kota Kupang.

"Kami terus memperketat penjagaan di rumah potong hewan (RPH) agar sapi betina yang produktif tidak dipotong. Sapi betina yang diizinkan untuk dipotong hanya sapi betina yang cacat dan tidak produktif lagi. Hal itulah mendorong populasi sapi potong di Kota Kupang cukup banyak," kata Obed Kadji.
Kabupaten Kupang merupakan salah satu daerah di Nusa Tenggara Timur sebagai pemasok sapi potong untuk kebutuhan dalam negeri. (ANTARA FOTO/Benny Jahang)