Berburu sampah di sepanjang Pantai Pasir Panjang

id bersih sampah

Berburu sampah di sepanjang Pantai Pasir Panjang

Sejumlah guru dari SDN Bertingkat Naikoten, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, mengajak warga Kota Kupang untuk bersama-sama 'perang' terhadap sampah, Jumat (9/8/2019). (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore bersama Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man serta ribuan warga ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (9/8) pagi "berburu" sampah di sepanjang Pantai Pasir Panjang Kupang sebagai bagian dari program Ayo Berub
Kupang (ANTARA) - Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore bersama Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man serta ribuan warga ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (9/8) pagi "berburu" sampah di sepanjang Pantai Pasir Panjang Kupang sebagai bagian dari program Ayo Berubah yang telah dicanangkan pemerintah setempat.

"Kegiatan bersih sampah merupakan salah satu program dilakukan pemerintah dalam mewujudkan Kota Kupang yang bersih dan sehat. Persoalan sampah menjadi momok daerah ini sehingga Kota Kupang dinobatkan sebagai kotar terkotor ketiga di Indonesia. Kita harus merubah ini dengan lebih disiplin menjaga kebersihan lingkungan masing-masing," kata Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore.

Kegiatan ini dimulai pukul 06.00 WITA dimana ribuan warga serta para ASN, pelajar SD-SMA serta mahasiswa dan masyarakat Kota Kupang melakukan aksi pembersihan sampah sepanjang Pantai Pasir Panjang yang terletak di wilayah Kelurahan Kelapa Lima itu.

Jefri mengatakan, Kota Kupang harus berubah menjadi kota yang bersih dengan tidak membuang sampah sembarang tempat. "Saya berjanji akan lebih tegas berupa sanksi terhadap pelaku usaha di Kota Kupang yang membuang sampah tidak pada tempatnya," tegasnya.

"Kami sudah instruksikan kepada semua pelaku usaha dan perkantoran di Kota Kupang untuk menyiapkan tong sampah. Termasuk di kawasan pertokoan agar sampah tidak dibuang sembarang. Buanglah sampah pada tempatnya. Kami akan bersikap tegas dalam memerangi sampah ini," katanya.

Baca juga: Kota Kupang darurat sampah

Sementara itu Kepala Sekolah Dasar Negeri Bertingkat Naikoten, Kota Kupang, Martinha Amaral, mendukung upaya pemerintah Kota Kupang dalam memerangi sampah.

"Dalam kegiatan bersih sampah di Pantai Kupang, kami mengikutsertakan siswa dari SDN Bertingkat Naikoten. Pelibatan para siswa sangat penting agar siswa memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan," katanya.

Ia mengatakan, pelibatan siswa dalam memerangi sampah juga dilakukan di lingkungan SDN Bertingkat Naikoten guna mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan indah. "Apabila lingkungan sekolah bersih dan indah serta sehat tentu akan menunjang semangat siswa dalam belajar," kata Martinha Amaral.

Baca juga: Warga kota bersihkan sampah di pesisir pantai Kupang
Baca juga: Optimalisasi Pasukan Kuning dalam mengatasi sampah kota