Layanan bus gratis bagi pemudik Natal 2019

id Pelindo III

Layanan bus gratis bagi pemudik Natal 2019

Direktur Sumber Daya Manusia PT Pelonco III, Toto Heli Yanto memegang bendera saat pelepasan sejumlah armada bus yang mengantar para pemudik yang turun di Pelabuhan Tenau secara gratis menuju sejumlah kota tujuan di Pulau Timor di antaranya SoE dan Kefamenanu. (ANTARA FOTO/Aloysius Lewokeda)

"Sangat membantu sekali layanan bus gratis ini dan ini baru pertama kali saya menikmatinya," kata Baselius Bani (60), salah seorang penumpang asal Kefamenanu di Pelabuhan Tenau Kupang, Jumat (20/12) malam.
Kupang (ANTARA) - Para pemudik Natal 2019 yang menggunakan jasa angkutan kapal laut mengapresiasi hadirnya layanan bus gratis yang disediakan PT Pelindo III (Persero) di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Sangat membantu sekali layanan bus gratis ini dan ini baru pertama kali saya menikmatinya," kata Baselius Bani (60), salah seorang penumpang asal Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) di Pelabuhan Tenau Kupang, Jumat (20/12) malam.

Baselius Bani mengemukakan nikmatnya layanan Pelindo III itu saat ditemui Antara, dalam sebuah bus layanan gratis di Pelabuhan Tenau yang akan mengantar para pemudik ke Kefamenanu, sekitar 195 km arah timur Pelabuhan Tenau Kupang.

Dia mengatakan, dirinya bersama beberapa rekan sedang dalam perjalanan mudik dari wilayah Sumatera melalui jalur laut dengan KM Umsini untuk merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman.

Ia mengatakan dirinya mendapat banyak manfaat dengan adanya layanan bus gratis ini di antaranya menghemat biaya perjalanan darat dari Kota Kupang ke Kefamenanu.

Baca juga: Bus gratis untuk pemudik yang turun di Pelabuhan Tenau Kupang

"Jadi lebih hemat kami hanya siapkan biaya dari Kefamenanu ke kampung halaman di Kecamatan Insana Barat, tapi lebih penting lagi layanan ini membuat kami merasa lebih nyaman karena turun dari kapal langsung naik bus," katanya.

Seorang pemudik lainnya Emanuel (40) yang hendak menikmati layanan bus gratis menuju SoE, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) mengaku puas dengan layanan bus gratis dari pihak Pelindo III.

"Layanan bus gratis ini lebih memuaskan dan terutama lagi lebih aman karena saya tidak repot lagi mencari kendaraan yang biasanya harus ganti-ganti lagi di tengah perjalanan," katanya.

Menurut dia, selain menghemat biaya, layanan tersebut membuatnya merasa lebih aman karena tidak berurusan dengan oknum-oknum calo atau buruh di pelabuhan yang kadang bertindak sewenang-wenang.

Dia berharap, layanan seperti ini tidak hanya dilakukan pada saat ini, namun juga tahun-tahun selanjutnya terutama menjelang hari raya.

"Semoga layanan sepeeti ini tidak hanya kali ini saja tapi seterusnya, karena ini sangat membantu kami, perjalanan jadi lebih nyaman sampai tujuan, kemudian barang-brang bawaan juga aman," katanya.

Dalam pantauan Antara, sebanyak lima armada bus Damri untuk layananan gratis disiagakan Pelindo III di Pelabuhan Tenau Kupang untuk para pemudik yang tiba dengan KM Umsini sekitar Pukul 18.00 WITA.

Puluhan pemudik yang menggunakan layanan gratis langsung menuju ke bus masing-masing sesuai kota tujuan di Pulau Timor yaitu SoE dan Kefamenanu.

Tiga bus diberangkatkan sekitar Pukul 20.00 WITA setelah mengikuti acara pelepasan yang dipimpin Direktur Sumber Daya Manusia PT Pelindo III, Toto Heli Yanto didampingi sejumlah unsur pimpinan dari instansi terkait di daerah setempat.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar